Lokasi Persembunyian Pasukan Jepang di Bolok Kupang NTT, Gua Kristal, Jadi Objek Wisata yang Diburu

Gua Persembunyian Pasukan Jepang Di Bolok Kupang NTT, Kini Jadi Objek Wisata yang Diburu, Gua Kristal, Tertarik?

Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
tribunposkupangwiki.com/novemyleo
Pintu masuk ke Gua Kristal yang ada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ), Indonesia. 

TRIBUNPOSKUPANGWIKI.COM - Lokasi persembunyian pasukan Jepang di Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Gua Kristal, kini menjadi objek wisata yang diburu.

Objek alam bernama Gua Kristal yang berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia ini sebelum tahun 1999, jarang dikenal banyak orang.

Setelah tahun tersebut, Gua Kristal menjadi objek wisata alam yang booming.

Gua Kristal yang memiliki danau berair jernih dan bercahaya bagai kristal itu selalu diburu wisatawan baik lokal, nasional, hingga mancanegara kini berlomba-lomba ingin sampai di danau yang ada di dasar Gua Kristal tersebut.

Stalagtit dan stalagmit di dalam objek wisata alam Gua Krital yang ada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara TImur ( NTT ), Indonesia.
Stalagtit dan stalagmit di dalam objek wisata alam Gua Krital yang ada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara TImur ( NTT ), Indonesia. (tribunposkupangwiki.com/novemyleo)

Siapa sangka, ternyata Gua Kristal yang berada pada hamparan lahan seluas 74 ha milik keluarga Christofer Neno itu bekas tempat persembunyian Pasukan Jepang.

Kepada TribunPosKupangWiki.com, beberapa waktu lalu, Yanto Neno, keturunan Christofer Neno menceritakan kisah tersebut.

Tempat Wisata Alam Gua Kristal ini sudah ada sejak jalan penjajahan Jepang dahulu.

Namun Gua Kristal ini baru mulai dikenal sebagai lokasi wisata alam sekitar tahun 1999 lalu.

Bagaimana sejarahnya Gua Kristal ini?

Gua Kristal, objek wisata alam yang berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Negara Indonesia. Gambar diambil beberapa waktu lalu.
Gua Kristal, objek wisata alam yang berada di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Negara Indonesia. Gambar diambil beberapa waktu lalu. (POS KUPANG.COM/NOVEMY LEO)

Salah seorang pemandu Gua Kristal, Yanto Neno menceritakan kisah sejarah Gua Kristal kepada TribunPosKupangWiki pada Juni 2019.

Yanto Neno adalah keturunan dari Christofel Neno, pemilik lahan di area Gua Kristal. Gua Kristal itu ada di lahan seluas 74 ha milik Christofer Neno.

Menurut Yanto Neno -dari cerita turun temurun- menyebutkan bahwa Gua Kristal sudah ada pada jaman penjajahan Jepang.

Pada saat itu, Gua Kristal dijadikan tempat persembunyian pasukan Jepang dan juga dijadikan tempat untuk menyembunyikan sejumlah barang milik pasukan Jepang.

Awalnya Gua Kristal itu dinamakan Gua Amnesi, yakni nama nenek moyang mereka yang pertama kali menemukan gua tersebut.

Hingga saat ini, area Gua Kristal dijadikan kebun keluarga yang membentang dari darat (gua) sampai ke laut yang dikelola dari generasi ke generasi.

Di dalam Gua Kristal itu ada danau yang 'menampung' air laut dan air tanah, maka Gua Kristal itu dijadikan tempat untuk mencuci pakaian oleh masyarakat setempat.

Tak jarang airnya juga digunakan masyarakat untuk memasak meski rasanya payau.

Bahkan terdapat cerita lokal bahwa saat hendak mengambil air itu untuk masak, masyarakat tidak boleh bicara. Jika bicara maka air itu rasanya akan asin, sebaliknya, jika tidak bicara maka air itu tidak akan berasa asin.

Dulu, keberadaan Gua Kristal belum banyak diketahui umum. Namun sekitar tahun 1999, Gua Kristal mulai dikenal masyarakat luar termasuk wisatawan mancanegara. Bahkan beberapa kali objek wisata alam Gua Kristal masuk ke acara televisi di Indonesia dan luar negeri. 

"Tahun 2015 lalu tim si Bolang datang, tahun 2018 My Trip My Adventure pun shooting di Gua Kristal, ada lagi Coky Sitohang juga sudah sampai ke Gua Kristal," kata Yanto Neno.

Ikuti kami di
KOMENTAR
22 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved