Ternyata Biji Pohon Sepe alias Pohon Flamboyan Punya Manfaat Luar Biasa, Apa Sajakah?

Terungkap, Ternyata Biji, Bunga dan Pohon Sepe alias Flamboyan Punya Segudang Manfaat Luar Biasa

Ternyata Biji Pohon Sepe alias Pohon Flamboyan Punya Manfaat Luar Biasa, Apa Sajakah?
poskupangwiki.com/novemy leo
Biji buah Sepe alias buah Flamboyan memiliki manfaat kesehatan, Pohon ini tumbuh subur di Kota Kupang, Provinsi NTT, gambar diambil Kamis (19/12/2019) 

POSKUPANGWIKI.COM - Biji Pohon Sepe alias Pohon Flamboyan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa.

Salah satu ikon Kota Kupang ini memiliki manfaat kesehatan, salah satunya adalah obat penyembuh penyakit malaria.

Sebuah penelitian menyebutkan flamboyan, bersama asam londo (Phithecellobium dulce), bungur (Lagerstroemia indica), dan glodogan bulat (Polyalthea fragrans), memiliki kapasitas serapan IsNO yang tinggi (> 30 microgram/g).

Nitrogen dioksida (NO2) merupakan salah satu gas pencemar udara yang berasal dari emisi kendaraan bermotor.

Potensi tanaman dalam penyerapan gas dari udara dapat diketahui dari proses-proses fisiologi yang terjadi pada daun.

Pangesti Nugrahani  (Fakultas Pertanian UPN Veteran Jatim Surabaya), Nizar Nasrullah (Departemen Arsitektur Lanskap IPB Bogor), Elsje Louise Sisworo (Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi – Batan), dalam penelitian “Faktor Fisiologi Tanaman Tepi Jalan yang Menentukan Kemampuan Serapan Polusi Udara Gas IsNOz)”, melakukan penelitian untuk mengukur kemampuan tanaman tepi jalan dalam penyerap polutan NO2 dan faktor-faktor fisiologi yang menentukan.

Selain flamboyan, asam londo, bungur, dan glodogan bula sebagai tanaman penyerap polutan paling baik, penelitian mereka juga menunjukkan tanaman bunga kupu·kupu (Bauhinia purpurea) memiliki kapasitas sedang (25.117 microgram/g), sedangkan angsana (Pterocarpus indicus), tanjung (Mimusops elengi), dan sawo kecik (Manilkara kauki), memiliki kapasitas serapan rendah (< 15 microgram/g).

Faktor fisiologi tanaman yang menentukan serapan NO adalah laju fotosintesis, laju transpirasi dan daya hantar stomata. Faktor-faktor itu berhubungan dengan stomata, meskipun kerapatan stomata tidak menentukan serapan NO2 oleh tanaman, demikian juga dengan faktor potensial air tanaman.

Karya ilmiah Maratus Sholihah seperti dimuat dalam researchgate.net, tahun 2007, menyebutkan bunga flamboyan (Delonix regia L.) merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber pigmen atau zat pewarna alami karena banyak mengandung pigmen antosianin.

Pigmen antosianin bisa dikembangkan sebagai alternatif pewarna alami pada makanan. Pigmen antosianin sebagai zat warna alami mempunyai sifat lebih stabil pada media yang bersifat asam dan sangat sensitif terhadap proses thermal (panas).

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved