Kesaksian Mistis Hilangnya Pekerja Pembangunan Tugu Jepang di Kota Kupang, Provinsi NTT

Mengerikan, Para Pekerja Pembangunan Tugu Jepang di Penfui, Kota Kupang, Provinsi NTT Lenyap Tanpa Bekas

POSKUPANGWIKI.COM, KUPANG - Cagar Budaya Situs Tugu Jepang terletak di Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Situs Budaya yang menjadi salah satu objek wisata di Kota Kupang NTT ini berada Jalan Antonov RT. 17/RW. 18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa Kota Kupang.

Anselmus Mabikafola, anak dari Alm. Sersan Mayor TNI (Purn) Filipus Mabikafola, saksi sejarah pembangunan Tugu Jepang di Penfui, Kota Kupang, Provinsi NTT menceritakan sejumlah cerita mistis yang pernah dialami ayahnya dan masyarakat di sekitar lokasi.

Situs Tugu Jepang yang ada di Jalan Antonov RT.17/RW.18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Situs Tugu Jepang yang ada di Jalan Antonov RT.17/RW.18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Anselmus Mabikafola adalah mantan juru pemelihara (jupen) Situs Tugu Jepang. 

Kini Jupen Situs Tugu Jepang dipegang oleh keponakannya, Philip Bastian Penkari.

Menurut Anselmus Mabikalofa, dia mengetahui cerita cerita itu dari ayahnya yang adalah pensiunan Tentara RI yang bekerja di Dinas Teknik Umum Angkatan Udara RI.

"Sebagian cerita lagi adalah hasil penelusurannya pada catatan sejarah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT.

Anselmus Mabikafola mengatakan, Tugu Jepang dibangun tahun 1943, setahun setelah Jepang masuk Indonesia. Tugu itu dikerjakan oleh orang pribumi dengan pengawasan ketat Tentara Jepang.

Sebelum dibangun, di area lokasi Tugu Jepang itu dijadikan sebagai tempat pembakaran atau kremasi jenazah tentara Jepang yang tewas di medan perang.

"Tugu Jepang ini dibangun Bulan April 1943, sebelum dibangun tugu jepang ini adalah tempat pembakaran serdadu atau tentara Jepang yang mati waktu menghadapi tetara sekutu dan Belanda di bumi Flobamora khususnya di tanah Timor ini," kata Anselmus Mabikafola.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved