Patung Shinto di Situs Tugu Jepang di Kupang NTT, Dimanakah Keberadaannya Kini?

Ada Patung Shinto di Situs Tugu Jepang, Apa Fungsinya dan Dimana Kini Keberadaan Patung Sejarah Itu

Patung Shinto di Situs Tugu Jepang di Kupang NTT, Dimanakah Keberadaannya Kini?
poskupangwiki.com/novemy leo
Situs Tugu Jepang yang ada di Jalan Antonov RT.17/RW.18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

POSKUPANGWIKI.COM, KUPANG - Sejarah menyebutkan ada sebuah Patung Shinto yang diletakkan di sebuah ruangan beruuran 1x1 yang ada di belakang Situs Tugu Jepang di Jalan Antonov RT. 17/RW. 18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun kini patung Shinto itu sudah tak ada lagi, apa itu Patung Shinto dan kenapa bisa ada disana dan dimana keberadaan Patung Shinto itu sekarang?

Poskupangwiki.com mencoba menelusurinya dan menemukan jawabannya dari juru pemelihara Situs Tugu Jepang, Philip Bastian Penkari dan eks Jupen Anselmus Mabikafola.

Mereka berdua adalah keturunan dari Alm. Sersan Mayor TNI (Purn) Filipus Mabikafola, saksi sejarah pembangunan Tugu Jepang di Penfui, Kota Kupang, Provinsi NTT.

Disaksikan poskupangwiki.com beberapa waktu lalu, situs Tugu Jepang itu berbentuk persegi empat berundak-undak dengan 17 anak tangga.

Undakan pertama paling bawah terdapat lima tangga, undakan kedua ada tujuh tangga dan undakan ketiga ada enam tangga.

Pada undakan ketiga terdapat sebuah ruangan ukuran 1 x 1 meter dengan pintu menghadap arah utara.

Di ruangan ukuran 1 x 1 meter itu kosong, konon di tempat itu pernah diletakkan patung Shinto.

Tugu Jepang, Cagar Budaya di Penfui, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Situs Tugu Jepang, salah satu cagar budaya yang ada di Jalan Antonov RT.17/RW.18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Situs Tugu Jepang, salah satu cagar budaya yang ada di Jalan Antonov RT.17/RW.18 Kelurahan Penfui, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Tugu bagian depan yang menghadap Selatan menampilkan dua marmer yang bertuliskan nama-nama tentara Jepang yang jenazahnya dibakar di lokasi tersebut.

Tapi marmer itu sudah hilang dicuri orang yang tidak tahu keberadaannya sampai saat ini.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved