Buah Kersen atau Muntingia

Buah kersen atau muntingia adalah buah dari pohon kersen yang mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi Manusia.

POSKUPANGWIKI.COM - Buah kersen atau muntingia adalah buah dari pohon kersen yang mempunyai banyak manfaat kesehatan bagi manusia.

Kersen, seri, ceri, talok atau kerukup siam atau muntingia calabura secara lokal disebut kersen atau kersem adalah sejenis pohon sekaligus buahnya yang kecil dan manis berwarna merah cerah.

Di beberapa daerah, seperti di Jakarta, buah ini juga dinamai ceri.

Dalam Bahasa Madura, buah ini disebut "kersen" baleci. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles, aratiles, manzanitas (Filipina); mât sâm (Vietnam); khoom sômz, takhôb (Laos); takhop farang (Thailand); krâkhôb barang (Kamboja); dan kerukup siam (Malaysia).

Buah kersen ini juga ada di Kota Kupang, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) dan di beberapa kabupaten lainnya di NTT.

Buah kersen Juga dikenal sebagai capulin blanco, cacaniqua, nigua, niguito (bahasa Spanyol); Jamaican cherry, Panama berry, dan Singapore cherry (Inggris).

Buah kersen juga sering disebut sebagai Jamaica Cherry, Strawberry tree, Panama Cherry, hingga Cotton Candy berry.
Buah kersen juga sering disebut sebagai Jamaica Cherry, Strawberry tree, Panama Cherry, hingga Cotton Candy berry. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Orang Belanda dulu menyebutnya Japanse kers ("ceri jepang"), yang lalu dari sini diambil menjadi kersen dalam bahasa Indonesia atau ada yang menyebutnya ceri.

Dilansir POSKUPANGWIKI.COM dari Wikipedia Indonesia, pohon kersen memiliki tinggi sampai 12 m, meski umumnya hanya sekitar 3-6 m saja.

Warna daunnya adalah hijau dan terus menerus berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

Cabang-cabang batangnya mendatar, menggantung di ujungnya; membentuk naungan yang rindang. Ranting-ranting berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar; demikian pula daunnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved