Komodo (Varanus Komodoensis) Hewan Purbalaka yang Masih Hidup di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Komodo, Hewan Purbalaka yang Masih Hidup di Nusa Tenggara Timur ( NTT )

POSKUPANGWIKI.COM - Sekitar tahun 2011 lalu, Taman Nasional Komodo (TNK) yang ada di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pernah masuk sebagai finalis dalam ajang pemilihan tujuh keajaiban alam baru atau New Seven Wonders of Nature (N7WN).

Masuk dalam finalis pemilihan tujuh keajaiban alam baru atau New Seven Wonders of Nature (N7WN) lantaran di  Taman Nasional Komodo ( TNK ) itu memiliki hewan purbakala, Komodo.

Komodo, atau juga disebut biawak komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies biawak besar yang terdapat di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora.

Dilansir POSKUPANGWIKI.COM dari Wikipedia Indonesia, Komodo merupakan spesies terbesar dari familia Varanidae, sekaligus kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang 2-3 meter dan beratnya bisa mencapai 100 kg. Komodo merupakan pemangsa puncak di habitatnya karena sejauh ini tidak diketahui adanya hewan karnivora besar lain selain biawak ini di sebarang geografisnya.

Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka menjadi salah satu hewan paling terkenal di dunia. Sekarang, habitat komodo yang sesungguhnya telah menyusut akibat aktivitas manusia, sehingga lembaga IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan.

Biawak komodo telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan habitanya dijadikan taman nasional, yaitu Taman Nasional Komodo, yang tujuannya didirikan untuk melindungi mereka.

Komodo liar dewasa biasanya memiliki berat sekitar 70 kg, tetapi komodo yang dipelihara di penangkaran sering kali memiliki bobot yang lebih berat. Spesimen liar terbesar yang pernah ditemukan panjangnya mencapai 3.13 meter dengan berat sekitar 166 kg, termasuk berat makanan yang belum dicerna di dalam perutnya.

Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya. Meskipun komodo tercatat sebagai kadal terbesar di dunia, namun bukan spesies yang terpanjang. Reputasi panjang tubuh (tidak termasuk berat badan) dipegang oleh biawak Papua (Varanus salvadorii).

komodo, hewan purbakala yang masih hidup di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT )
komodo, hewan purbakala yang masih hidup di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) (Kompas.com/Herlambang Jaluardi)

Komodo jantan lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit dari abu-abu gelap sampai merah batu bata, sementara komodo betina biasanya berwarna hijau kecokelatan dan memiliki bercak kecil kuning pada tenggorokannya. Komodo muda lebih bervariasi warnanya, dengan warna kuning, hijau dan putih dengan latar belakang hitam.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved