Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Lansia dan Disabilitas Mendapat Pelayanan Istimewa di Dukcapil Kota Kupang

Ibu Hamil, Ibu Menyusui, Lansia dan Disabilitas Mendapat Pelayanan Istimewa di Dukcapil Kota Kupang.

POSKUPANGWIKI.COM, KUPANG - Pantauan POSKUPANGWIKI.COM, Senin (3/2/2020) siang ratusan masyarakat memadati Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang.

Kedatangan mereka kesana untuk mengurus KTP dan surat kependudukan lainnya.

Maklum saat ini pihak Dinas Dukcapil Kota Kupang melayani proses pengurusan KTP secara gratis. Blangko yang disediakan sebanyak 4.000 blangko.

Diantara masyarakat dimaksud ada juga sejumlah ibu hamil, ibu menyusia dan lansia. Pelayanan kepada mereka diprioritaskan, dengan maksud agar mereka tidak menunggu lama.

"Kami prioritaskan pelanan kepada ibu hamil, ibu menyusui, penyandang disabilitas dan lansia. Terkadang  masyarakat protes karena mereka sudah antri panjang. Tapi kami jelaskan bahwa ibu hamil, ibu menyusui, disabilitas dan lansia perlu mendapat pelayanan prioritas dan masyarakat lainnya tidak boleh egois," kata Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, AP,M.Si.

Kadis Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmasse Ultimatum Setiap Staf untuk Lakukan Hal Seperti Ini

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, AP, M.SI memantau proses antrian pembuatan KTP di dinas Dukcapil Kota Kupang, Senin (3/2/2020) siang.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, AP, M.SI memantau proses antrian pembuatan KTP di dinas Dukcapil Kota Kupang, Senin (3/2/2020) siang. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Agus Ririmasse menjelaskan, pengurusan KTP dilakukan secara gratis dan itu adalah bagian dari pelayanan Pemerintah kepada masyarakat Kota Kupang.

Menurut Agus, untuk mengantisipasi calo berkeliaran di dinas Dukcapil Kota Kupang, pihaknya membuat sistem pengurusan KTP  dengan sistem antrian 10.

"Ruang pencetakan KTP saya bikin streil, hanya 10 orang masyarakat yang boleh masuk setiap sesinya.  Dan disitu masyarakat langsung berhadap face to face dengan operator, wawancara dan KTP langsung keluar. Hal ini dilakukan untuk menghindari praktek percaloan. Sekarang calo ga punya akses lagi untuk masuk," kata Agus Ririmasse.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, AP, M.SI memantau proses pencetakan KTP di dinas Dukcapil Kota Kupang, Senin (3/2/2020) siang.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse, AP, M.SI memantau proses pencetakan KTP di dinas Dukcapil Kota Kupang, Senin (3/2/2020) siang. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Agus Ririmasse mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima yakni profesional, cepat dan tepat kepada setiap masyarakat yang hendak mengurus KTP dan surat kependudukan lainnya.

Sampai saat ini banyak sekali masyarakat yang mengurus proses pencetakan KTP.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved