Wawancara Eksklusif Putri Pariwisata NTT 2019, Audrey Jennifer Siebel: Jadilah Wisatawan Berkualitas

Wawancara Ekslusif Putri Pariwisata NTT 2019, Audrey Jennifer Siebel, Jadilah Wisatawan Berkualitas

Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha

POSKUPANGWIKI.COM, KUPANG - Wawancara Ekslusif Putri Pariwisata NTT 2019, Audrey Jennifer Siebel, Jadilah Wisatawan Berkualitas

Audrey Jennifer Siebel, Putri  Pariwisata NTT Tahun 2019 memberikan apresiasi kepada warga lokal termasuk para wisatawan yang sudah datang mengujungi wilayah NTT.

Sebagai Putri Pariwisata NTT, Audrey melihat masih banyak pembenahan yang harus dilakukan oleh Pemerintah, masyarakat dan stake holder lainnya. Bagaimana kesan dan saran Audrey kepada Pemerintah, masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke wilayah NTT?

Ikuti wawancara ekslusif Poskupangwiki,com, OMDSMY Novemy Leo bersama Audrey Jennifer Siebel, di sela-sela kegiatan Rapat Kordinasi Pelaksanaan Anggaran 2020, di Gedung Keuangan Negara Kupang, Rabu (12/2/2020) siang.

1. Apakah Kabar Audrey, setelah terpilih menjadi Putri Pariwisata NTT tahun 2019 dan mewakili Indonesia dalam ajang Miss Tourism Metropolitan International 2019 di Kamboja, apa kegiatanmu saat ini?

Puji Tuhan, Kabar saya sangat baik. Saat ini saya masih kuliah, dan terus enjalankan tugas sebagai miss tourism metropolitan dan menjalankan kegatan modeling.

2. Bagaimana Anda melihat Pariwisata di NTT saat ini?

Sangat luar biasa, Pariwisata di NTT mulai semakin berkembang. Dan saya memberikan apresiasi besar terhadap Pemerintah, masyarakat dan juga wisatawan serta semua pihak yang selama ini telah berperan sesuai perannya masing-masing untuk memajukan pariwisata di NTT. Namun harus diakui bahwa masih banyak pembenahan yang harus dilakukan.

Putri Pariwisata NTT 2019 Audrey Jennifer Siebel bersama sekretaris dinas Pariwisata NTT (tengah) dan Rektor Undana Kupang (kanan) dalam kegiatan Rapat Kordinasi Pelaksanaan Anggaran 2020, di Gedung Keuangan Negara Kupang, Rabu (12/2/2020) siang.
Putri Pariwisata NTT 2019 Audrey Jennifer Siebel bersama sekretaris dinas Pariwisata NTT (tengah) dan Rektor Undana Kupang (kanan) dalam kegiatan Rapat Kordinasi Pelaksanaan Anggaran 2020, di Gedung Keuangan Negara Kupang, Rabu (12/2/2020) siang. (poskupangwiki.com/novemy leo)

3. Bagaimana Anda melihat kesiapan Pemerintah dalam pengembangan Pariwisata di NTT?

Banyak hal yang mesti dibenahi seperti penyediaan infrastruktur, sarana prasarana, fasilitas dan juga mental  masyarakat. Saya mendukung program English day setiap hari rabu, namun pelaksanaannya belum konsisten. Hal ini mesti terus ditingkatkan.

4. Membangun Pariwisata sama dengan membangun Pariwisata, bagaimana menurut Anda?

Saya sangat setuju bahwa membangun Pariwisata adalah membangun peradaban karena membangun pariwisata bukan hanya kita memperbaiki akses infrastruktur tapi juga bagaimana mental masyarakat juga harus diperbaiki sehingga siap untuk menerima perubahan dan siap untuk ikut membangun pariwisata.

Putri Pariwisata NTT, Audrey Jennifer Siebel
Putri Pariwisata NTT, Audrey Jennifer Siebel (dok Audrey Jennifer Siebel)

5. Bagaimana kesiapan dan mental masyarakat NTT dalam menyambut wistawan dan pengembangan wisata di daerahnya?

Masih banyak masyarakat yang belum siap, terutama dari segi mental. Karena masih ada masyarakat yang menghindar dari wisatawan yang datang mengunungi tempat wisata di daerahnya. Karenanya pemerintah mesti menyiapkan mental masyarakat dengan program-program yang baik.

6. Pernah mengunjungi tempat wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, apa kesan Anda?

Saya sangat terkesan dengan keindahan wisata di Labuan Bajo. Karena Labuan Bajo memiliki eanekaragaman wisata, alam dan lingkungan yang sangat bagus serta memiliki atraksi budaya yang sudah terkenal. Namun saya lihat masih ada yang harus diperhatikan oleh masyarakat dan pemerintah setempat, yakni kebersihan. Saya melihat di sejumlah tempat masih banyak sampah yang berserakan. Berharap masyarakat di Labuan Bajo agar lebih sadar akan gerakan buang sampah pada tempatnya agar salah satu dari ketujuh sapta pesona dapat terpenuhi.

Putri Pariwisata NTT, Audrey Jennifer Siebel
Putri Pariwisata NTT, Audrey Jennifer Siebel (dok Audrey Jennifer Siebel)

7. Bagaimana pesan Anda untuk masyarakat terkait upaya meningkatkan Pariwisata di NTT?

Pesan saya, mari masyarakat Nusa Tenggara Timr ( NTT ) menerapkan sadar wisata agar pariwisata NTT lebih baik lagi ke depannya. Masyarakat hendaknya bisa menyiapkan diri, menunjukkan karakter yang baik dan juga tetap berpegang pada nilai budaya yang baik. masyarakat harus lebih welcome dengan para wisatawan yang hadir dan juga tetap memperhatikan kenyamanan wisatawan dan menjaga kebersihan.

8. Untuk wisatawan yang datang ke NTT, apa pesan Anda?

Saya setuju bahwa wisatawan yang datang ke NTT itu mesti berkualitas. Wisatawan yang berkualitas itu adalah wisatawan yang dapat menghargai suatu wilayah yang dia kunjungi. Karena peradaban di setiap daerah itu berbeda, adatnya, budayanya, cara berpakaiannya, cara berbicara dan lainnya sehingga wisatawan mesti bisa menghargai perbedaan yang ada, termasuk menjaga kelestarian daerah yang dikunjungi. Wisatawan lokal, nasional dan mancanegara, kami sangat harapkan adanya penghargaan kalian terhadap NTT. Maksudnya hendaknya ada sikap saling menghargai budaya yang ada di NTT. Selalu menjaga kebersihan di saat Anda berwisata di NTT.

Mengenal 12 Shio dan Sejarah Munculnya Shio, Ini Karakter Setiap Shio, Yuk Baca Disini

Ansy D Rihi Dara: Banyak Perempuan NTT Belum Sadar Punya Potensi Besar untuk Mandiri

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved