Hutan Bakau atau Hutan Mangrove

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

POSKUPANGWIKI.COM - Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

Hutan bakau atau hutan mangrove tumbuh di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik.

Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Sebagaimana dilansir POSKUPANGWIKI.COM dari laman Wikipedia Indonesia, ekosistem hutan bakau atau hutan mangrove bersifat khas.

Baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut.

Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Salah satu spot menarik di lokasi Ecowisata Mangrove di Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT.
Salah satu spot menarik di lokasi Ecowisata Mangrove di Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Luas dan penyebaran

Hutan bakau atau hutan mangrobe menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.

Di wilayah Indonesia, luas hutan bakau atau hutan mangrove sekitar 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Dan luasan ini merupakan luasan hutan bakau atau hutan mangrove yang terluas di dunia.

Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999).

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved