15 Manfaat Bakau atau Mangrove yang Luar Biasa Bagi Kehidupan Manusia

15 Manfaat Bakau atau Manfaat Mangrove yang Luar Biasa Bagi Kehidupan Manusia

15 Manfaat Bakau atau Mangrove yang Luar Biasa Bagi Kehidupan Manusia
poskupangwiki.com/novemy leo
Fremiot, wisatawan di lokasi Ecowisata Mangrove di Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT. 

POSKUPANGWIKI.COM - Hutan bakau atau hutan mangrobe menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.

Di wilayah Indonesia, luas hutan bakau atau hutan mangrove sekitar 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Dan luasan ini merupakan luasan hutan bakau atau hutan mangrove yang terluas di dunia.

Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999).

Luas bakau di Indonesia mencapai 25 persen dari total luas mangrove di dunia. Namun sebagian kondisi hutan bakau atau hutan mangrove itu kritis.

Di daerah mana yang lokasi hutan bakau atau hutan mangrove nya luas, adalah di Dangkalan Sunda karena relatif tenang dan tempat bermuara sungai-sungai besar.

Yakni di pantai timur Sumatra dan pantai barat serta selatan Kalimantan. Di pantai utara Jawa, hutan-hutan ini telah lama terkikis oleh kebutuhan penduduknya terhadap lahan.

Salah satu spot menarik di lokasi Ecowisata Mangrove di Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT.
Salah satu spot menarik di lokasi Ecowisata Mangrove di Kelurahan Oesapa Barat, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi NTT. (poskupangwiki.com/novemy leo)

Sedangkan hutan bakau atau hutan mangrove yang ada di bagian timur Indonesia, berada di tepi Dangkalan Sahul. Dan hutan bakau atau hutan mangrove yang masih baik terdapat di pantai barat daya Papua, terutama di sekitar Teluk Bintuni.

Hutan bakau atau hutan mangrove di Papua mencapai luas sekitar 1,3 juta ha, atau sepertiga dari luas hutan bakau atau hutan mangrove di Indonesia.

Tahukah kamu bahwa manfaat dan peranan hutan bakau atau hutan mangrove itu sangat besar bagi kehiduan manusia.

Berikut manfaat dan peranan hutan bakau atau hutan mangrove bagi kehiduan manusia, dikutip POSKUPANGWIKI.COM dari berbagai sumber :

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved