DBD Renggut Nyawa di Kabupaten Sikka, Begini Nasihat Gubernur NTT Viktor Laiskodat untuk Warga

DBD Renggut Nyawa di Kabupaten Sikka, Begini Nasihat Telak Gubernur NTT Viktor Laiskodat untuk Warganya

POSKUPANGWIKI.COM - Deman Berdarah mewabah di Kabupaten Sikka dan kabupaten lain di NTT, Begini Nasihat Telak Gubernur NTT Viktor Laiskodat untuk Cegah dan Tangani DBD

Meskipun semua perhatian sedang ditujukan kepada mengantisipasi dan menangani virus corona, namun di wilayah NTT juga 'disibukkan' dengan mewabahnya DBD di sejumlah kabupaten.

Bahkan di Kabupaten Sikka, sudah ribuan warga terserang DBD hingga belasan orang meninggal dunia.

Kondisi ini menggugah Gubernur NTT, Viktor Laiskodat turun tangan menangani wabah DBD di Sikka dan beberapa kabupaten lainnya di NTT. Bagaimana strateginya?

Gubernur NTT, Viktor Laiskodat melalui Sekda Pemprov NTT, Marius Jelamu kepada POSKUPANGWIKI.COM mengatakan, masyarakat dan pemerintah tidak boleh mengabaikan penyakit normatif lainnya seperti DBD, sesak napas dan diare.

Karena ketiga penyakit ini jika tidak serius ditangani juga bisa berakibat fatal merenggut nyawa manusia.

Uji Andrenalin di Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten TTS , Provinsi NTT

Apalagi penyakit DBD yang kni sedang mewabah di Kabupaten Sikka.

Hal awal yang mesti dilakukan masyarakat dan Pemerintah adalah jangan panik sehingga masing-masing pihak bisa menyikapi hal itu dengan baik, tepat dan bermanfaat.

Marius Jelamu mengatakan, untuk mengantisipasi dan menangani DBD, pihaknya juga sudah berkordinasi dnegan seuruh pimpinan dan kabupaten/ kota untuk bisa bersama-sama mengatasi DBD sehingga tak berkembang dan lebih banyak lagi yang sudah merenggut nyawa manusia.

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia

Dr. Marius Jelamu, M.Si
Dr. Marius Jelamu, M.Si (poskupangwiki.com/novemy leo)

Dan Menteri Kesehatan langsung turun tangan mendatangi Kabupaten Sikka untuk melihat langsung pasien dan penanganan yang dilakukan Pemerintah setempat.

"Dan tentu tidak saja Sikka tapi seluruh kita baik kabupaten/kota, provinsi dan Pemerintah pusat mesti senantiasa berkordinasi untuk memastikan agar wabah DBD bisa diminimalisir," kata Marius Jelamu.

Karena itu demikian Marius Jelamu, Gubernur NTT mengharapkan seluruh warga NTT untuk menjaga kebersihan lingkungan, membasmi jentik nyamuk.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat juga meminta Bupati dan Walikota, bisa rutin melakukan foging dan mengadakan abate untuk masyarakat.

"Gubernur berharap bupati dan walikota untuk bisa memimpin masyarakat membersihkan lingkungan sebagaimana yang sudah ditunjukan oleh gubernur NTT dengan turun membersihkan sampah di sudut dan seluruh Kota Kupang. Dorong  masyarakat NTT agar bisa menjaga kebersihan lingkungan RT, RW, desa, kelurahan, kecamatan," kata Marius Jelamu. (POSKUPANGWIKI.COM/NovemyLeo)

Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved