Indahnya Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten Timor Tengah Selatan TTS, NTT

Esotiknya Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten Timor Tengah Selatan TTS, Provinsi NTT

POSKUPANGWIKI.COM –  Esotiknya Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Wisata air bernama Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit di Kabupaten TTS - NTT ini sangat esotik sebab belum ‘terjamah’ moderninasi alias masih asli dan asri.

Bagi orang diluar NTT, wisata air bernama Air Tagepe ini pasti asing terdengar telinga. Ya, Kata TAGEPE berasal dari Bahasa Melayu Kupang (ibukota Provinsi NTT) yang dalam Bahasa Indonesia baku sama artinya dengan Terjepit atau Terhimpit.

Karena itu Air Tagepe artinya air yang terjepit atau air yang terhimpit. Kenapa namanya Air Tagepe? Tentunya ada alasannya.

Ya, dinamakan Air Tagepe atau Air Terjepit atau Air Terhimpit karena air di lokasi wisata ini airnya terkumpul atau berada diantara celah barisan tebing batu yang lebarnya bervariasi dengan panjang sekitar 1 km.

Jarak antar tebing atau lebar luasan air itu mulai dari 1 meter hingga 5 meter, dengan kedalaman pun bervariasi mulai 30 cm hingga 1 meter lebih.

Wisatawan di Air Tagepe Noinbila di Desa Klani atau Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan ( TTS ), Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ).
Wisatawan di Air Tagepe Noinbila di Desa Klani atau Desa Noinbila, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). (poskupangwiki.com/novemy leo)

Jika kalian ke Kota Kupang, Ibukota Provinsi NTT, Anda mesti menyempatan diri ke Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit yang ada di Kabupaten TTS.

Dari Kota Kupang ke Kabupaten TTS bisa ditempuh dengan perjalanan selama 2,5 jam.

Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit ini sumber airnya berasal dari Air Terjun Oehala yang berada sekitar 5 km dari lokasi Air Tagepe Noibila. Air itu mengalir sepanjang tahun.

Warna air di objek wisata Air Tagepe Noinbila atau Air Terjepit itu berwarna biru dan sangat jernih.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved