Ada Hal Unik dan Manarik di Bawah Tangga Kantor Wilayah Kemenhukham NTT

Ada Hal Unik dan Manarik di Bawah Tangga Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM atau Kemenhukham NTT.

Ada Hal Unik dan Manarik di Bawah Tangga Kantor Wilayah Kemenhukham NTT
poskupangwiki.com/novemy leo
Kepala Kanwil Kemenhukham NTT, Marciana Dominika Jone atau Mercy Jone 

Ada Hal Unik dan Manarik di Bawah Tangga Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAN atau Kemenhukham NTT.

POSKUPANGWIKI.COM - Kalau berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi NTT, jangan lupa mampir ke bawah tangga kanan di lobby kantor itu.

Ada apa disana?

Di bawah tangga lobby kantor wilayah Kemnehukhan NTT itu ada sebuah ruang berukuran 3 x 2,5.

Di dalam ruangan itu terpajang sejumlah karya ketrampilan yang unik dari sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) alias Napi dari sejumlah rutan dan lapas di NTT.

Karya-karya mereka itu berupa asbak, pigura, nampan, kain tenun ikat NTT, selendang tenun ikat NTT, hiasan meja, tas yang terbuat dari tenun ikat NTT. Serta sejumlah karya seni lainnya yang terbuat dari koran bekas.

Kerajinan yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan di lapas wilayah Kemenhukham NTT, dipamerkan di galeri Pemasyarakatan  Kemenhukham NTT, Rabu (1/4/2020)
Kerajinan yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan di lapas wilayah Kemenhukham NTT, dipamerkan di galeri Pemasyarakatan Kemenhukham NTT, Rabu (1/4/2020) (poskupangwiki.com/novemy leo)

Galeri Pemasyarakatan itu didirikan sejak Januari 2020 lalu. Masyarakat dan tamu Kanwil Kemenhukham NTT bisa menikmati hasil karya seni itu namun tidak bisa membelinya.

Jika tertarik dan ingin membeli, maka mengunjung bisa memesan atau berkordinasi langsung dengan rutan dan lapas terkait.

Kakanwil Kemenhukham NTT, Marciana Dominika Jone, SH mengatakan, salah satu tugas kanwil Kemenhukham adalah mempromosikan dan melindungi kekayaan intelektual masyarakat. Dan salah satu kekayaan inteletual di NTT adalah karya tenun ikat NTT yang bisa masuk hak cipta dan juga bisa masuk ke indikasi geografi.

"Makanya kami mempromosikan kain tenun ikat NTT hasil karya lainnya yang dibuat oleh WBP dari lapas perempuan kupang dan lapas dewasa serta rutan," jelas Marciana Dominika Jone kepada POSKUPANGWIKI.COM.

Kerajinan tenun ikat yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan di lapas wilayah Kemenhukham NTT, dipamerkan di galeri Pemasyarakatan  Kemenhukham NTT, Rabu (1/4/2020)
Kerajinan tenun ikat yang dibuat oleh warga binaan pemasyarakatan di lapas wilayah Kemenhukham NTT, dipamerkan di galeri Pemasyarakatan Kemenhukham NTT, Rabu (1/4/2020) (poskupangwiki.com/novemy leo)
Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved