SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang, Ini Sekolah atau Kebun Binatang?

SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo Naikoten Kupang, NTT, Ini Sekolah atau Kebun Binatang?

Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha

POSKUPANGWIKI.COM - Ada suasana yang berbeda ketika kita masuk ke lingkungan sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo Naikoten di Kota Kupang, Provinsi NTT, Indonesia.

Selain lingkungannya asri, di sekolah swasta ini banyak terdapat pepohonan rindang.

Bahkan di SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo Naikoten juga terdapat banyak binatang seperti berbagai jenis ikan, bebek atau itik, ayam kalkun, ayam kate, kelinci, burung pompa, burung tekukur, burung merpati.

Tak tanggung-tanggung di sekolah ini ada 3 buah kolam ikan, satu diantaranya berada di depan pagar sekolah.

Tak heran, situasi ini membuat banyak siswa/i yang menghabiskan waktu istirahat jam sekolah di tempat ini, melihat dan menikmati lingkungan dimaksud.

Bahkan ada sebuah Taman Doa Bunda Maria Ratu Para Pelajar yang menjadi tempat favorid siswa/i untuk berdoa rosario (doa umat Katholik) setiap hari.

Petugas PDAM Tirta Lontar Kaget Ada Benda Berbahaya dalam Pipa Pelanggan

Gua Maria di SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia
Gua Maria di SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia (poskupangwiki.com/novemy leo)

Dengan kondisi itu banyak orang yang sering mengatakan, SMPK Santo Yoseph Naikoten itu seperti kebun binatang karena ada banyak ternak yang dipelihara disana. 

Siapa yang memelihara sejumlah binatang itu dan apa tujuan sekolah memelihara binatang dimaksud.

Kepada POSKUPANGWIKI.COM, Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yosep Naikoten, Romo Amanche Frank Oe Ninu, Minggu (19/4/2020) di sekolah itu, menjawab semua pertanyaan itu.

Romo Amanche Frank Oe Ninu sudah mengabdi di SMPK Santo Yosep Naikoten sejak tahun 2015 atau 5 tahun lalu dan semua kondisi itu mulai dibangun hingga seperti sekarang ini.

Lurah di Kota Kupang Diminta Peka dan Segera Lakukan Hal ini Saat Warganya Meninggal Dunia

Romo Amanche Frank Oe Ninu, Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo di Kupang, Provinsi NTT, Indonesia
Romo Amanche Frank Oe Ninu, Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo di Kupang, Provinsi NTT, Indonesia (poskupangwiki.com/novemy leo)

"Ada banyak pohon disini. Sekolah ini tidak terlalu luas tetapi lingkungannya menyenangkan. Ada pohon yang kita jaga, dan yang menarik dan agak beda dengan yang lain, kita punya kolam ikan

Di sela-sela proses belajar mengajar di sekolah, di waktu luang, siswa/i setiap hari berdoa rosario 5 peristiwa. Bahkan bulan Mei dan Oktober berdoa rosario wajib di sekolah ini," jelas Romo Amanche Frank Oe Ninu.

Di kolam yang tepat berada dibawah depan Taman Doa Bunda Maria Ratu Para Pelajar  terdapat ikan mas dan ikan koi dengan berbagai warna dan ukuran.

Bahkan ada sejumlah ikan yang telah diberi nama oleh Romo Amanche Frank Oe Ninu yakni bai belo dan bai metan dan ikan yang kecil semuanya diberi nama frutuklui (bahasa daerah dawan/timor).

"Ini ada ikan koi dan ikan mas, semuanya jinak-jinak. Namanya bai bello dan bai metan, ikan yang kecil namanya frutuklui, bahasa dawan," kata Romo Amanche Frank Oe Ninu.

Sedangkan kolam lainnya di depan Taman Doa Gua Maria Ratu Para Pelajar terdapat ratusan ekor ikan nila, karpet mas dan bawel.

Yang menariknya, diatas permukaan kolam itu sejumlah ternak itik peking atau bebek  berwarna hitam dan putih berenang.

"Kalau mereka (itik) bertelur, telurnya untuk romo kepala skeolah, untuk guru dan juga anak sekolah. IKan baru panen sekali untuk diberikan untuk guru," kata Romo Amanche Frank Oe Ninu.

Romo Amanche Frank Oe Ninu (berkacamata), Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo di Kupang, Provinsi NTT, Indonesia
Romo Amanche Frank Oe Ninu (berkacamata), Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten atau Speksanyo di Kupang, Provinsi NTT, Indonesia (poskupangwiki.com/novemy leo)

Kolam ikan lainnya ada di depan pagar sekolah, berisi ikan mas dan ikan koi.

Romo Amanche Frank Oe Ninu mengatakan, ternak ternak itu diajaga bersama-sama oleh penjaga sekolah, dirinya sendiri selaku romo kepala sekolah juga siswa/i dan guru setempat.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
219 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved