Aksi Siswi Speksanyo Naikoten, Maria Novriana, Unjuk Bakat Luar Biasa

Aksi Siswi Speksanyo Naikoten, Maria Novriana, Unjuk Bakat Luar Biasa Seperti Ini

Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha

Aksi Siswi Speksanyo Naikoten, Maria Novriana, Unjuk Bakat Luar Biasa Seperti Ini

POSKUPANGWIKI.COM - Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten, Romo Amanche Frank Oe Ninu, menjelaskan pihaknya selalu memperhatikan pengembangan diri para siswa/i Speksanyo Naikoten.

"Kami memperhatikan pengembangan diri siswa/i dalam bidang menulis dan sastra. Mereka menamakan diri Komunitas Sastra Spensanyo, supaya mereka bisa berbagi bersama," jelas Romo Amanche Frank Oe Ninu kepada POSKUPANGWIKI.COM, di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (24/4/2020).

Hari ini, Romo Amanche Frank Oe Ninu mendatangi Rumah Kreatifitas Pos Kupang bersama sejumlah siswa/i  yakni Sharen, Reza yang berbakat di bidang dance dan juga Maria Novriana yang berbakat di bidang sastra baca puisi. Hadir juga pelatih dance dan guru dance Speksanyo Naikoten, kaka Aba.

Romo Amanche Frank Oe Ninu  memastikan di Speksanyo Naikoten ada guru-guru Bahasa Indonesia, pra frater praktek yang siap membantu anak-anak dalam mengembangkan bakar sastranya.

Kepala Sekolah Speksanyo Naikoten Geleng Kepala Lihat Dua Siswi Perempuan Lakukan Hal Ini

Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten, Romo Amanche Frank Oe Ninu (ketiga dari kiri) bersama siswa dan pelatih dance, Kaka Aba (kanan), di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020)
Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten, Romo Amanche Frank Oe Ninu (ketiga dari kiri) bersama siswa dan pelatih dance, Kaka Aba (kanan), di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020) (poskupangwiki.com/novemy leo)

Tiga tahun lalu sejak tahun 2016, Speksanyo Naikoten bahkan telah menerbitkan buletin bernama Columba yang menjadi media untuk menyalurkan bakat menulis dan sastra para siswa/i Speksanyo Naikoten.

Buletin ini terbit enam bulan sekali. Kenapa dinamakan Columba, Romo Amanche Frank Oe Ninu menjelaskan,Columba adalah kata dalam Bahasa Latin yang artinya merpati. Kenapa?

Kain Percah Tenun Ikat NTT untuk Bahan Aksesoris Mulai Susah Diperoleh, Sherly Bagi Tips Praktis

Romo Amanche Frank Oe Ninu (kiri), Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten bersama siswa dan pelatih dance, Aba (kanan) di rumah reatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020) lalu.
Romo Amanche Frank Oe Ninu (kiri), Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten bersama siswa dan pelatih dance, Aba (kanan) di rumah reatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020) lalu. (poskupangwiki.com/novemy leo)

"Karena Santo Yoseph pelindung kita, dalam kitab suci agama Kristen dikenal sebagai orang kudus yang tulus. Harapannya anak-anak dalam mengembangkan diri itu bisa tulus," kata Romo Amanche Frank Oe Ninu.

Romo juga berharap agar para siswa/i Speksanyo Naikoten bisa meluangan waktu untuk banyak membaca dan menulis.

Perempuan Asal Maumere Ambil Sisik Ikan di Pasar, Diolah Jadi Hal Luar Biasa untuk JB Ethinc

Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten, Romo Amanche Frank Oe Ninu (kiri) bersama Maria Novriana, anggota Sastra Speksanyo Naikoten, di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020)
Romo Kepala Sekolah SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang atau Speksanyo Naikoten, Romo Amanche Frank Oe Ninu (kiri) bersama Maria Novriana, anggota Sastra Speksanyo Naikoten, di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020) (poskupangwiki.com/novemy leo)

Ada peribahasa latin yang mengatakan 'Doctus cum libro' artinya menjadi pintar karena buku-buku. Menjadi pintar karena membaca buku-buku.

Dan karenanya Speksanyo Naikoten berusaha membentuk siwa/i secara spesisfik di bidang sastra agar mereka bisa mengembangkan literasinya dengan baik.

"Kalau mereka sudah bisa membaca dan menulis dengan baik maka mereka bisa saja menjadi penulis, pembicara, presenter. Dan itu sangat luar biasa," kata Romo Amanche Frank Oe Ninu.

Dan salah satu siswi anggota Komunitas Sastra Spensanyo Naikoten, Maria Novriana pernah menjuarai lomba baca pidato tahn 2019 lalu.

Kepada POSKUPANGWIKI.COM, Maria Novriana mengaku sudah gemar membaca puisi sejak kels 5 SD.

Maria Novriana mengaku tertarik dalam bidang sastra khususnya membaca puisi karena berbakat disana.

Dan Maria Novriana memiliki pengalaman menarik saat kecil dan pengalaman itu 'melahirkan' bakatnya membaca puisi.

Maria Novriana mengaku, tiga tahun lalu saat dia masih duduk di bangku SD, dia mengikuti seorang teman yang sedang ikut lomba baca puisi tingkat nasional.

Maria Novriana, anggota sastra Speksanyo Naikoten atau SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang, unjuk kebolehan membaca puisi di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020)
Maria Novriana, anggota sastra Speksanyo Naikoten atau SMPK Santo Yoseph Naikoten Kupang, unjuk kebolehan membaca puisi di rumah Kreatifitas Pos Kupang, Sabtu (25/4/2020) (poskupangwiki.com/novemy leo)

Dan saat itu ketika dia mendengar temannya membaca puisi, Maria Novriana merasakan sesuatu hal yang luar biasa.

"Saya mendengar lantunan puisinya seperti ada yang menarik dalam puisi itu," kata Novriana.

Dan pulang dari acara itu, demikian Maria Novriana, dia langsung menemui mamanya dan mengungkapkan keinginannya untuk belajar membaca puisi.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
229 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved