6 Kegiatan Unik yang Bisa Dilakukan di Taman Wisata Perairan Kapoposang, Provinsi Sulawesi Selatan

6 Kegiatan Unik dan Menarik yang Bisa Dilakukan di Taman Wisata Perairan Kapoposang, Pangkajene, Provinsi Sulawesi Selatan

Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
tribun
Taman Wisata Kapoposang yang berada di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu dari delapan kawasan yang dikelola oleh BKKPN Kupang. 

POSKUPANGWIKI.COM -  6 Kegiatan Unik dan Menarik yang Bisa Dilakukan di  Taman Wisata Perairan Kapoposang, Pangkajene, Provinsi Sulawesi Selatan

Taman Wisata Perairan Kapoposang adalah salah satu dari delapan kawasan yang dikelola oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Kupang atau BKKPN Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ).
  
Kapoposang terletak di Kepulauan Spermonde. Secara administratif lokasi ini masuk dalam wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk bisa sampai ke Taman Wisata Perairan Kapoposang, wisatawan mesti menggunakan perahu bermotor.

Ada pula pelayaran hanya dengan waktu dua sampai tiga jam. Ini menggunakan perahu cepat (speed boat).

Pelayaran lain ke Kapoposang melalui pelabuhan Kalibone-Maros dan Pangkep, dengan waktu tempuh tujuh sampai delapan jam.

Berbagai kegiatan menarik dan unik bisa dilakukan di Taman Wisata Perairan Kapoposang dan setidaknya ada 6 kegiatan yang bisa dilakukan disana.

Apa sajakah itu, berikut kegiatannya :

1. Diving :

Selama ini pantai Pulau Kapoposang dijadikan tempat untuk bermain Diving oleh wisatawan. Hal ini karena keindahan terumbu Kapoposang mempunyai nilai keindahan yang cukup besar bila dibandingkan dengan pantai lainnya.

Kegiatan ini sangat menarik wisatawan untuk mengunjungi pantai Pulau Kapoposang. Ditambah lagi dengan kualitas pantai yang belum tercemar oleh kerusakan alam dan juga pasir putih yang mengelilingi sepanjang kawasan pantai.

2. Snorkeling :

Pantai Pulau Kapoposang mempunyai ekosistem terumbu karang dan jenis flora dan fauna yang keanekaragamannya cukup tinggi.

Keindahan ini sangat menarik minat wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkeling untuk menikmati keindahan pantai Kapoposang di waktu senggang.

3. Fishing :

Pantai Pulau Kapoposang juga memiliki jenis ikan yang sangat beranekaragam. Jenis ikannya masih cukup banyak karena masih belum dirusak oleh aktivitas penangkan ikan dengan menggunakan alat-alat keras ataupun karena faktor lingkungan.

Wisatawan melakukan kegiatan Fishing pada waktu-waktu senggang sambil menikmati suasana keindahan pantai Pulau Kapoposang.

4. Budidaya Rumput Laut :

Pulau Kapoposang selain mempunyai jenis flora dan fauna yang beranekaragam, juga memiliki jenis rumput laut yang cukup bagus. Sehingga hal ini menarik wisatawan untuk datang dan belaar tentang bagaimana kegiatan budidaya rumput laut yang sudah dijadikan tradisi bagi masyarakat Pulau Kapoposang.

5. Melihat Penyu Bertelur dan Aktivitas Penangkapan Nener :

Pada lokasi pantai lain, kegiatan melihat Penyu bertelur dan aktivitas Penangkapan Nener sudah jarang kita dapati. Hal ini disebabkan oleh kondisi kerusakan pantai yang belum tertangani dengan baik.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR
235 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved