Taman Wisata Perairan Kapoposang di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Taman Wisata Perairan Kapoposang berada di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan.

Taman Wisata Perairan Kapoposang di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia
tribun
Taman Wisata Kapoposang yang berada di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu dari delapan kawasan yang dikelola oleh BKKPN Kupang. 

POSKUPANGWIKI.COM - Taman Wisata Perairan Kapoposang berada di wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan.

Taman Wisata Perairan Kapoposang merupakan salah satu dari delapan kawasan yang dikelola oleh BKKPN Kupang.

Kapoposang terletak di Kepulauan Spermonde. Secara administratif lokasi ini masuk dalam wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) di Provinsi Sulawesi Selatan.

Menuju lokasi ini dengan menggunakan perahu bermotor. Akses pelayaran bisa melalui pelabuhan Paotere dan Popsa. Lama pelayaran dengan perahu motor enam jam.

Ada pula pelayaran hanya dengan waktu dua sampai tiga jam. Ini menggunakan perahu cepat (speed boat).

Pelayaran lain ke Kapoposang melalui pelabuhan Kalibone-Maros dan Pangkep, dengan waktu tempuh tujuh sampai delapan jam.

Sebelum pengelolaan kawasan ini dibawah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), berada di Kementerian Kehutanan.

Pada 12 September 1996 Menteri Kehutanan mengeluarkan SK Nomor 588/Kpts-VI/1996 tentang penetapan Kepulauan Kapoposang sebagai Taman Wisata Alam Laut. Luas kawasan 50.000 hektare.

Selanjutnya, pengelolaan diserahkan ke KKP pada 2009. Berita acara serah terima dari Kementerian Kehutanan ke KKP dengan nomor BA.01/menhut-IV/2009 dan Nomor BA. 108/MEN.KP/III/2009, tanggal 4 maret 2009.

Kawasan ini menjadi Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang dan Laut di sekitarnya (TWP Kepulauan Kapoposang). TWP Kapoposang kemudian ditetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan melalui Kep.66/Men/2009 pada 3 September 2009.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Dinar Fitra Maghiszha
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved