Keunggulan 4 Program Studi di Jurusan Tanaman Pangan Hortikultura Politani Kupang

Misi dari Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH adalah menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill dan berjiwa wirausaha.

POSKUPANGWIKI.COM - Ketua Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH Politani Kupang  pamer Keunggulan 4 Program Pendidikan atau Prodi di TPH.

Ketua Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH Politani Kupang, Jemrifs HH Sonbai, SP, M.Sc kepada poskupangwiki.com menjelaskan keberadaan Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH.

Menurut Jemrifs H.H Sonbai alias Jimi Sonbai, visi dari Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH yakni menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam menyelenggarakan pendidikan jalur vokasi, penelitian pertanian terapan, pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan potensi sumber daya alam yang berbasis teknologi ramah lingkuan.

Misi dari Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH  adalah menghasilkan lulusan yang memiliki hard skill dan soft skill dan berjiwa wirausaha di bidang pertanian.

Buah naga di kebun praktek Prodi Teknologi Industri Hortikultura ( TIH ) Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH ) Politeknik Pertanian Negeri atau Politani Kupang
Buah naga di kebun praktek Prodi Teknologi Industri Hortikultura ( TIH ) Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH ) Politeknik Pertanian Negeri atau Politani Kupang (poskupang.wiki/novemy leo)

Terkait akreditasi program studi atau prodi, Jimi Sonbai menjelaskan, untuk D4 Teknologi Industri Hortikultura atau TIH terakreditasi B, D3 Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH terakreditasi B, D3 Teknologi Pangan atau TP terakreditasi B; dan D4 Teknologi Rekayasa Pangan atau TRP adalah program studi baru.

Menurut Jimi Sonbai, hingga kini dosen di Jurusan TPH sebanyak 40 dosen terdiri dari 30 dosen S2, 6 Dosen S3 dan 4 dosen sementara sudi S3.

Fasilitas pendukung PBM di Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura TPH Politani Kupang yakni Laboratorium Produksi Tanaman, Laboratorium Hortikultura, Laboratorium Teknologi Pangan, Laboratorium Perlindungan Tanaman, Laboratorium Bioteknologi, kebun Praktik dan Sawah serta alat-alat mekanisasi.

Di Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura atau TPH, demikian Jimi Sonbai, persentasi kuliah dan praktik yaitu : 60% praktik dan 40% kuliah.

"Akhir studi D3, mahasiswa melaksanakan Praktik Kerja Lapang (PKL) dan membuat laporan PKL sedangkan untuk D4, mahasiswa melaksanakan penelitian dan membuat laporan penelitian," kata Jimi Sonbai, Rabu (1/6/2020).

Jimi Sonbai mengatakan, lama studi untuk  jenjang D3 selama 3 – 5 tahun atau 6 - 10 semester dengan 110 SKS. Untuk jejang D4 selama  4 – 7 tahun atau 8 - 14 semester, dengan 146 SKS.

Mahasiswa peneliti sayur Kailan saat berada di screen house Prodi Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH ) Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH ) Politeknik Pertanian Negeri atau Politani Kupang
Mahasiswa peneliti sayur Kailan saat berada di screen house Prodi Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH ) Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura ( TPH ) Politeknik Pertanian Negeri atau Politani Kupang (poskupang.wiki/novemy leo)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: haerahr
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved