VIDEO Petani di NTT Belum Tahu Bedakan Antara Hama Dan Penyakit Tanaman?

Sebagian besar petani di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Ternyata Belum Tahu Bedakan Antara Hama Dan Penyakit Tanaman

Petani di NTT Belum Tahu Bedakan hama dan Penyakit Tanaman, Ini Kata Dosen Welly Boboy

POSKUPANGWIKI.COM - Masih banyak petani di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) yang masih belum tahu membedakan antara hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Akibatnya upaya mengatasinya pun sering keliru.

Salah seorang dosen Prodi Manajemen Pertanian Lahan Kering atau MPLK jurusn MPLK, Politani Kupang Welly Boboy, SP,M.Sc, mengatakan hal itu kepada poskupangwiki.com, beberapa waktu lalu.

Saat itu Welly Boboy hadir bersama rekan dosen lainnya, Nimrot Neonufa, S.TP, M.Si, Dr. Marsiah   SP, MP. Hadir juga Ketua Prodi MPLK, Anton Jehemat, SPt, M.Si dan Ketua Jurusan MPLK, Jamseng Charles Abineno, STP, M.Sc serta Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat P3M Politani Kupang, Krisna Setiawan, SP,M.Sc. 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Mesak Mbura, AMD, anggota DPRD Kabupaten Kupang.

VIDEO: Ternyata Ini Target Mesak Mbura Anggota DPRD yang Rela Sisihkan Gajinya untuk Rakyat

Dosen Politani Kupang Nimrot Neonufa Bagi Tips 5T untuk Petani Lawan Musim Kering di NTT

Mereka tengah melakukan sela kegiatan pengabdian masyarakat  Politani Kupang di masyarakat petani khususnya Kelompok Tani Sahabat berkebun di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Welly Boboy mengatakan, apa yang ditanyakan oleh sejumlah petani Tuapukan dalam diskusi bersama dosen MPLK itu rata-rata dialami petani lainnya. Yakni hama dan penyakit pada tananan serta penggunaan obat untuk mengatasi hama dan penyakit dimaksud.

Petani di Desa Tuapukan, dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan para dosen Prodi Manajemen Pertanian Lahan Kering atau MPLK Jurusan MPLK, Politani Kupang di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Pertengahan Juli 2020
Petani di Desa Tuapukan, dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan para dosen Prodi Manajemen Pertanian Lahan Kering atau MPLK Jurusan MPLK, Politani Kupang di Desa Tuapukan, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Pertengahan Juli 2020 (poskupang.wiki/novemy leo)

Menurut Welly Boboy, tak sedikit petani yang masih kesulitan mengidentifikasikan apakah tanaman pertanianya itu diserang hama atau penyakit. Akbatnya, petani salah memberikan obat terhadap tanaman dimaksud.

"Petani masih bingung membedakan hama dan penyakit p[ada tanaman," kata Welly Boboy,

Padahal, demikian Welly Boboy, ketika petani mampu mengidentifikasikan apakah tanamannya itu tererang hama atau penyakit, maka petani dimaksud juga bisa tepat mengatasinya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved