Anggota DPR-RI Melchias Mekeng Bikin Catatan Kritis Tentang Waduk Napung Gete Sikka NTT

Anggota DPR-RI Melchias Mekeng Bikin Catatan Tentang Waduk Napung Gete di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

dok mekeng
Anggota DPR-RI Melchias Mekeng bersama Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi beberapa waktu lalu. 

POSKUPANGWIKI.COM - Anggota DPR-RI Melchias Mekeng Bikin Catatan Tentang Waduk Napung Gete di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Catatan kritis anggota DPR RI Dapil I NTT, Melchias Mekeng ini disampaikan kepada poskupangwiki.com, Selasa (8/12/2020) melalui Wahsupnya.

Melchias Mekeng mengatakan, Presiden Jokowipada penghujung tahun 2015 telah turun ke NTT untuk meresmikan bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu.

Bendungan seluas 86 hektare ini diklaim bisa mengairi 139 hektare sawah dan 500 hektare tanaman palawija (data Balai Wilayah Sungai NTT-II,per-tanggal 9 Mei 2019).

Selain Bendungan Rotiklot, pemerintah pusat juga membangun pembangunan tujuh bendungan atau waduk di NTT, salah satunya adalah Waduk Napun Gete di Kabupaten Sikka.

Responsif dan tepat kebijakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menginstruksikan pembangunan tujuh bendungan atau waduk di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kebijakan tersebut berbasis pada tekad pemerintah pusat untuk mendorong terciptanya kedaulatan pangan di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di NTT.

Syarat utama menuju terealisasinya kedaulatan pangan adalah ketersediaan air dan sistem irigasi. Itulah sebabnya mengapa pembangunan waduk mutlak dilakukan di NTT.

Perjuangan politik mengenai pembangunan waduk di NTT telah dilakukan semenjak 10 (sepuluh) tahun yang lalu yakni sejak tahun 2010.

Dalam suatu Rapat Kerja mengenai pembahasan asumsi makro APBN-P tahun 2010 antara Komisi XI dan Pemerintah yang diwakili Menteri Perekonomian Hatta Radjasa dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Melchias Markus Mekeng, anggota DPR RI dari Partai Golkar (kanan) bersama Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati
Melchias Markus Mekeng, anggota DPR RI dari Partai Golkar (kanan) bersama Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati (dok Melchias Markus Mekeng)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved