Dokter Kartika Marola, Perhatikan Isi Piring Kita Saat Makan untuk Cegah Covid-19

Dokter Kartika Marola, Gizi dan Pencegahan Covid-19, Perhatikan Isi Piring Kita Saat Makan

dok Dokter Kartika Marola
Dokter Kartika Marola 

POSKUPANGWIKI.COM - Dokter Kartika Marola, Gizi dan Pencegahan Covid-19, Perhatikan Isi Piring Kita Saat Makan

Dokter Kartika Marola, dokter di Rumah Sakit Umum Prof Dr WZ Yohannes Kupang mengatakan, pada masa pandemi kini, selain kita harus menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, dan cuci tangan.

Kita juga harus menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus Covid 19.

Salah satunya dengan cara memperhatikan asupan gizi. Kita bisa mulai dari yang paling sedehana. Perhatikan isi piring kita saat makan.

“Isi Piring-ku”yang dianjurkan oleh Kemenkes adalah 1/2 piring terdiri dari 1/3 nya buah 2/3 nya sayur, 1/2 piring nya lagi terdiri dari 1/3 nya lauk pauk, 2/3 nya makanan pokok.

Dengan  menerapkan “Isi Piring-ku” berarti ada beragam makanan dalam piring kita. Makanan pokok atau sumber karbohidrat bukan hanya nasi, tapi ada jagung, umbi-umbian, kentang.

Jadi pilih salah satunya. Mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan, akan disimpan sebagai lemak untuk cadangan energi di dalam tubuh.

Sehingga, berpengaruh pada kesehatan yaitu obesitas, penyakit diabetes dan penyakit jantung.

Seseorang yang mengalami obesitas, meningkatkan risiko untuk penyakit lainnya seperti penyakit hipertensi, jantung dan diabetes.

Secara umum, rumus berat badan ideal = (TB – 100) – 10% (TB – 100). Misalkan tinggi badan anda 160 cm, sesua irumus diatas, Berat Badan Ideal anda adalah 54 kg.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
Sumber: Pos Kupang
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved