Cerita Rakyat NTT

Cerita Rakyat NTT : Kera dan Buaya, Si Kera Cerdik Menipu si Buaya Jahat

Cerita Rakyat NTT Kera dan Buaya, Si Kera Cerdik Mrnipu si Buaya Jahat, Cerita dari Kabupaten Ende

Editor: Novemyleo
zoom-inlihat foto Cerita Rakyat NTT : Kera dan Buaya, Si Kera Cerdik Menipu si Buaya Jahat
youtube
ilustrasi monyet dan buaya

POSKUPANGWIKI.COM - Cerita Rakyat NTT Kera dan Buaya, Si Kera Cerdik Mrnipu si Buaya Jahat, Cerita dari Kabupaten Ende

Pada hari pertama dalam minggu ketiga bulan Juli, seekor kera jantan berjalan-jalan mencari kepiting dan ikan-ikan kecil di tepi pantai.

Sementara ia berjlaan hilir mudik, didengar suara orang yang memanggil katanya: "Halo teman kera, buat apa engkau berjalan hilir mudik saja seorang diri sejak tadi, seolah-olah seorang prajurid yang sedang mengintai musuh. Apakah engkau tidak takut berda di daerah yang sepi hanya mendengar deru ombak pantai?"

Mendengar perkataan itu kera menjawab katanya, "Supaya engkau tahu bahwa di dalam hidup ini saya tidak takut kepada saiapapun."

Mendengar kata-kata kera itu maka timbullah niat buaya itu untuk mengajak kera supaya datang bersenang-senang bersamanya di rumah beberapa waktu lamanya.

Lalu kata buaya: "Halo teman kera, saya sangat senang bertemu dengan seorang teman yang terkenal keberaniannya seperti teman kera. Bagaimana keadaanmu sekarang?"

Jawab kera : "Sekarang saya baik-baik."

Mendengar jawaban kera itu timbullah kegembiraan hati buaya karena ia tahu bahwa ajakannya nanti pasti akan dikabulkan. Selanjutnya ia mengajak kera.

Katanya: "Teman saya minta dengan sangat, kalau teman tidak berkeberatan untuk bersenang-senang bersama saya sekeluarga di rumah saya, selama beberapa waktu. Karena saya sangat membutuhkan hiburan sementara istri saya sekarang berada dalam keadaan sakit parah."

Mendegar rayuan dan ajakan buaya  si kera menjadi sedih lebih-lebih mendengar bahwa istri temannya buaya itu sakit berat.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved