Wisata di NTT

Moko atau Nekara si Benda Berharga dari Alor Provinsi NTT

Moko atau drum atau Nekara adalah Salah Satu Benda Berharga yang sering dijadikan mas Kawin oleh Orang Alor Provinsi NTT. 

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
wikipedia indonesia
Moko 

POSKUPANGWIKI.COM - Moko atau drum atau Nekara adalah Salah Satu Benda Berharga yang sering dijadikan mas Kawin oleh Orang Alor Provinsi NTT. 

Dilansir poskuangwiki.com dari laman wikipedia indonesia, Moko adalah drum dengan bagian atas dan bawah yang tertutup, dibuat dengan variasi ukuran yang berbeda-beda dan dapat terbuat dari logam perunggu, tembaga atau kuningan.

Moko telah dipakai sejak ratusan tahun silam sebagai alat tukar (barter) dalam perdagangan dan dibuat dalam beberapa jenis ukuran.

Dari penelusuran yang telah dilakukan, pembuatan drum telah berlangsung sejak peradaban awal kuno dan dapat ditemukan tersebar di Cina Selatan dan Asia Tenggara.

Di daerah Nusa Tenggara Timur secara khusus, Moko telah dipakai sebagai alat musik di abad ke-17 karena bentuknya yang mirip kendhang.

Namun sejak abad ke-19 lebih sering dipakai sebagai maskawin oleh kalangan masyarakat Alor.

Bentuk fisik moko yang seperti drum memiliki tinggi 80-120 centimeter dengan bagian tengah agak mengecil dengan diameter lubang sisi atas dan bawah sekitar 40-70 centimeter.

Selain jenis ini, terdapat moko yang berdiameter 50-100 centimeter dan tinggi 50-250 centimeter. Masyarakat Alor menyebutnya sebagai nekara dimana objek ini jarang dibawa-bawa dan jarang dipakai sebagai maskawin.

Moko
Moko (wikipedia indonesia)

Secara umum, kepemilikan Moko akan meningkatkan status sosial yang dianggap menghargai warisan leluhur meskipun tidak pernah dibuat langsung oleh masyarakat Alor.

Oleh karena itu, penggunaan moko telah lama menjadi lambang status sebagai otoritas elit setempat serta simbol kesuburan sehingga lumrah dipakai sebagai alat maskawin.

Halaman selanjutnya

Sejarah

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved