Paskah

Sejarah Paskah Umat Kristen

Paskah adalah Hari Kebangkitan dalam ajaran Kristen, yaitu perayaan Yesus Kristus bangkit dari kematian.

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
net
paskah 

POSKUPANGWIKI.COM - Paskah adalah Hari Kebangkitan dalam ajaran Kristen, yaitu perayaan Yesus Kristus bangkit dari kematian.

Penganut Kristen meyakini Paskah sebagai hari tersuci sepanjang tahun. Tahukah kamu bagaimana sejarah perayaan Paskah?

Mengutip Kiddle, tanggal perayaan Paskah beda-beda tiap tahun, antara 22 Maret sampai 25 April.

Gereja-gereja Barat seperti Gereja Katolik Roma menggunakan kalender Gregorian. Sedangkan gereja-gereja Timur seperti Gereja Ortodoks Timur menggunakan kalender Julian.

telur paskah
telur paskah (net)

Perayaan Paskah lebih terkait dengan festival pagan Jerman kuno. Anak-anak diberi keranjang berisi permen. Telur dihiasi dan disembunyikan untuk ditemukan anak-anak. Orang-orang memakai pakaian baru dan pergi ke gereja. Mereka juga saling menukar kartu ucapan.

Menjelang abad ke-4, perayaan Paskah telah mapan dalam berbagai liturgi. Menandai kegembiraan mengantisipasi Kebangkitan Yesus. Serta keyakinan Kedatangan Kedua atau kembalinya Yesus akan terjadi pada Paskah.

Telur Paskah

Melansir History, bila ditelusuri perayaan Paskah justru terkait perayaan non-Kristen melainkan tradisi pagan atau non-agama.

Tradisi Paskah yang tidak religius terlihat dari telur Paskah dan permainan seperti menghias telur. Diyakini, telur menyimbolkan kesuburan dan kelahiran dalam tradisi pagan tertentu yang ada sebelum kekristenan.

Menghias telur telah menjadi bagian perayaan Paskah sebagaimana pentingnya nilai religius Paskah yaitu kebangkitan atau kelahiran kembali Yesus.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved