Bencana di NTT

Arti Siklon Tropis Seroja,  Asal Penamaan, Dampak dan Penyebab Bencana di Provinsi NTT 

Arti Siklon Tropis Seroja,  Asal Penamaan, Dampak dan Penyebab Bencana di Provinsi NTT 

Editor: Novemyleo
pos kupang/jho
Bencana di NTT 

POSKUPANGWIKI.COM - Arti Siklon Tropis Seroja,  Asal Penamaan, Dampak dan Penyebab Bencana di Provinsi NTT 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) telah memperingatkan keberadaan Siklon Tropis Seroja di Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Siklon ini mengakibatkan cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Flores Timur, NTT yang diterjang banjir bandang.

Tak hanya itu, sejumlah wilayah lain di NTT, seperti Kabupaten Lembata, Kupang, Kabupaten Malaka Tengah, dan Ngada, juga terkena dampak akibat cuaca ekstrem tersebut.

Warga pun diimbau waspada keberadaan siklon tropis Seroja tersebut.

Baca juga: Bencana di NTT Banjir Bandang, Hujan Angin Bukan Bencana Nasional, Apa Alasannya?

"Dengan adanya siklon tropis Seroja di wilayah NTT ini Bali walaupun jaraknya cukup jauh juga akan terkena dampak angin kencang, gelombang tinggi, dan hujan lebat," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar Iman Faturahman saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Apa itu Siklon Tropis Seroja?

Penyebab siklon Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG Agie Wandala Putra menjelaskan, siklon tropis adalah sistem tekanan rendah yang sering disebut dengan badai.

Badai tersebut disertai kecepatan angin maksimum lebih dari 34 knot dan pertumbuhan awan hujan yang masif di sekitarnya.

"Siklon tropis seroja sebelumnya adalah bibit siklon tropis 99S yang muncul sejak 2 April 2021," ujar Agie, saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/4/2021).

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved