SEJAJAR Ujicoba PO Covid-19 Berprespektif Anak di NTT

SEJAJAR lakukan ujicoba panduan operasional Covid-19 berprespektif anak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
POSKUPANGWIKI.COM/ NOVEMY LEO
Koordinator SEJAJAR NTT, Veronika Ata, dalam pelatihan ujicoba panduan operasional Covid-19 berprespektif anak di Provinsi NTT, Rabu dan Kamis (2-3/6/2021) di Amaris Hotel Kupang. 

POSKUPANGWIKI.COM - SEJAJAR lakukan ujicoba panduan operasional Covid-19 berprespektif anak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ).

Kordinator SEJAJAR NTT, Veronika Ata mengatakan, SEJAJAR Nasional diwakili oleh Forum Perguruan Tinggi Penanggulangan Resiko Bencana (FPTPRB) bekerjasama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) dan SEJAJAR Provinsi NTT melakukan pelatihan uji coba panduan operasional Covid-19 dan rencana kontinjensi Covid-19 Berperspektif Anak.  

"Panduan ini diujicoba di NTT dan Sumatera Utara. Semua input akan disampaikan secara Nasioanl ke Kementerian dan OPD terkait dan akan digunakan secara Nasional. Buku panduan ini diperuntukkan bagi Satgas Tingkat Desa/ Kelurahan," jelas Tory Ata.

Menurut Tory , bencana dan krisis kesehatan lain dapat terjadi kapan saja ditengah masa pandemi Covid-19. Merebaknya wabah Covid-19 dapat menempatkan anak pada situasi tanpa adanya kehadiran orangtua atau pengasuh mereka untuk sementara waktu, bahkan dapat juga terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Wabah Covid-19 juga menghambat tidak hanya kegiatan belajar-mengajar anak di sekolah, pelaksanaan pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi balita, tetapi juga melumpuhkan kegiatan ekonomi keluarga dan masyarakat.

Hal ini kemudian berpotensi untuk menyebabkan tidak terpenuhinya hak-hak anak termasuk perlindungan bagi anak itu sendiri. Oleh karena itu kesiapsiagaan masyarakat khususnya dalam mencegah dan menanggulangi pandemic Covid-19 harus menjadi perhatian bersama.

Dalam pengendalian Covid-19 yang efektif dan cepat membutuhkan upaya pencegahan (preventif dan promotif) serta penanganan kesehatan, dampak ekonomi dan sosial mulai dari tingkat terkecil yaitu desa/kelurahan.

Pelatihan dilakukan dengan metode kombinasi daring dan luring dirancang guna membantu OMS/LSM untuk memberikan pengetahuan pada peserta yang merupakan perwakilan SEJAJAR Sumatera Utara dan Satgas Covid-19 berbagai level di Kota Medan beserta perwakilan unsur Pentahelix Penanganan Covid-19 agar dapat menggunakan Panduan Operasional Covid-19 dalam melakukan response kemanusiaan dan pandemi Covid-19.

"Harapannya setelah uji coba ini ada input dari NTT supaya ada tambahan atau hal positif bisa dimasukan dalam buku panduan yang akan bisa diimplementasikan di seluruh Indonesia," kata Tory.

Pelatihan ujicoba panduan operasional Covid-19 berprespektif anak di Provinsi NTT, Rabu dan Kamis (2-3/6/2021) di Amaris Hotel Kupang.
Pelatihan ujicoba panduan operasional Covid-19 berprespektif anak di Provinsi NTT, Rabu dan Kamis (2-3/6/2021) di Amaris Hotel Kupang. (POSKUPANGWIKI.COM/ NOVEMY LEO)

Disaksikan pos kupang, peserta pelatihan terdiri dari Satgas Covid-19 di kelurahan kota Kupang, akademisi dari Undana, Unika, Unkris dan Muhammadiyah, Bengkel Appek, Cis Timor, IRGSC, LPA, LBH APIK , rumah perempuan, tanggap bencana Keuskupan Agung Kupang, Persani, Geramin, wadah foundation dan pers. Fasilitator kegiatan dilakukan oleh Mario Vieira, Veronika Ata, Buce Ga dan Moderator Ana Djukana  

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved