Wisata di NTT

Wisata Baru Air Terjun Hono di Desa Sillu, Airnya Menyegarkan Tubuh

Wisata Baru Air Terjun Hono di Desa Sillu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Indonesia. 

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
dok Shirley Manutede
Air Terjun Hono ini berada di Desa Sillu atau di tapal batas Desa Seki, Kecamatan Amabi Oefeto Timur dan Dusun Sublele, Desa Silu Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT. 

POSKUPANGWIKI.COM - Wisata Baru Air Terjun Hono di Desa Sillu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Indonesia. 

Tempat wisata baru di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT yang saat ini sedang viral adalah Air Terjun Hono.

Air Terjun Hono ini berada di Desa Sillu atau di tapal batas Desa Seki,  Kecamatan Amabi Oefeto Timur dan Dusun Sublele, Desa Silu Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Beberapa wisatawan yang sudah kesana memviralkan keindahan Air Terjun Hono itu di media sosial milik mereka.

Air Terjun Hono ini bertingkat tiga, setiap tingkatan ada kolam berukuran besar yang bisa digunakan untuk mandi dan berendam.

Airnya sangat jernih dan segar sehingga cocok untuk berendam.

Air Terjun Hono ini berada di Desa Sillu atau di tapal batas Desa Seki, Kecamatan Amabi Oefeto Timur dan Dusun Sublele, Desa Silu Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.
Air Terjun Hono ini berada di Desa Sillu atau di tapal batas Desa Seki, Kecamatan Amabi Oefeto Timur dan Dusun Sublele, Desa Silu Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Provinsi NTT. (dok Shirley Manutede)

Pemandangan di sekelilingnya juga sangat esotik dan indah.

Tersedia toilet bersih yang bisa digunakan wisatawan. 

Kajari Kabupaten Kupang, Shirley Manutede, SH menyempatkan diri mengunjungi Air Terjun Sillu usai melakukan sosialisasi hukum di Desa Sillu pada Jumat 4 Juni 2021 lalu.

"Saya diajak Kepala Desa dan Warga Desa untuk mampir sejenak melihat dan menikmati indahnya alam ciptaan TUHAN di Desa Sillu, saya terpesona melihat Air Terjun Hono," kata Shirley Manutede.

Shirley Manutede, mengatakan, Air Terjun Hono ini sangat indah dan mempesona.

"Air Terjun Hono belum banyak diketahui warga NTT, termasuk saya yang lahir dan besar di NTT. Saya baru tahu bahwa di Kabupaten Kupang ternyata ada air terjun yang cantik ini," kata Shirley Manutede.

Shirley Manutede berharap kondisi Air Terjun Hono ini bisa di tata lebih baik oleh Pemerintah dan Perangkat Desa setempat, untuk bisa menjadi salah satu tempat wisata andalan bagi masyarakat NTT.

"Ayo berkunjung di Air Terjun 3 Susun, Desa Sillu Kabupaten Kupang. Keren bagi yang suka wisata alam dan cocok luntuk lokasi camping," kata Shirley Manutede. (poskupangwiki.com, novemy leo/*)

 

Dikelola BumDes

Meski cantik dan esotik, namun Air Terjun Hono belum maksimal dikelola. Karenanya diharapkan BumDes kedua daerah itu bisa sama-sama membahas terkait pembenahannya.

Camat Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang, Maher Ora, S.SoS menyampaikan hal ini saat menghubungi  Pos-Kupang dari Oelamasi, Selasa (1/6/2021).

Dijelaskan Maher,  kekayaan alam yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia hendaknya perlu dijaga kelestariannya.

Harus dijaga dan merawat demi kelangsungan hidup berbagai margasatwa yang  ada di dalamnya.
Tidak boleh dirusak karena akan membawa bencana dimasa depan.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved