2 Nama Sungai di Kepulauan Bangka Belitung

Berikut Nama-nama sungai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, sebagaimana dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
tribun
Sungai Rangkui 

POSKUPANGWIKI.COM - Daftar 2 Nama Sungai di Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

Berikut Nama-nama sungai yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, sebagaimana dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia :

1. Sungai Cerucuk

Sungai Cerucuk merupakan salah satu sungai yang terletak di Pulau Belitung. Sungai Cerucuk berhulu di Gunung Tajam pada ketinggian ±500 Mdpl lalu mengalir dari arah timur ke barat sepanjang 17 Km dan bermuaran ke Selat Gaspar di dekat Kota Tanjung Pandan.

Sungai ini letaknya di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Indonesia.

Baca juga: 4 Nama Sungai di Timor Barat

Baca juga: 2 Nama Sungai di Sumbawa

Nama Cerucuk sendiri diambil dari nama Sungai Cerucuk yang merupakan salah satu lokasi penambangan timah di Belitung pada masa Belanda.

Daerah Aliran Sungai (DAS) Cerucuk memiliki luas ± 55.177 Ha yang secara administrasi terletak di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur.

Sungai Cerucuk memiliki tiga anak sungai yang cukup besar dan panjang yaitu Sungai Air Seru, Sungai Air Resaman dan Sungai Air Brising.

Baca juga: 15 Nama Sungai di Sumatera

Baca juga: 19 Nama Sungai di Sulawesi Bagian Selatan

2. Sungai Rangkui

Sungai Rangkui adalah sebuah sungai yang terletak di Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Sungai ini awalnya menjadi tempat hidupnya ikan betutu dan lobster, di mana pencarian kedua hewan tersebut menjadi mata pencarian warga sekitar.  (poskupangwiki.com/*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved