14 Nama Sungai di Jakarta

Berikut Nama-nama sungai yang ada di Jakarta, sebagaimana dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
zoom-inlihat foto 14 Nama Sungai di Jakarta
tribun
Kali Ciliwung

POSKUPANGWIKI.COM - Daftar 2 Nama Sungai di Jakarta, Indonesia.

Berikut Nama-nama sungai yang ada di Jakarta, sebagaimana dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia :

1. Kali Angke

Kali Angke atau Cikeumeuh adalah nama sebuah sungai di Jakarta, Indonesia.

Sungai sepanjang 91,25 kilometer (56,70 mi) ini berhulu di daerah Bogor, melintasi wilayah Jawa Barat, Banten dan Jakarta sampai bermuara di Laut Jawa dekat Muara Angke, Jakarta Barat serta melalui Cengkareng Drain.

Baca juga: 2 Nama Sungai di Gorontalo

2. Kali Baru Barat

Kali Baru Barat adalah sungai yang mengalir di wilayah Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan menjadi bagian dari dari Pengendalian Banjir dan Perbaikan Sungai Ciliwung Cisadane. Mengalir melintasi antara lain kecamatan Pancoran dan Tebet, Jakarta Selatan.

Kali Baru Barat termasuk drainase yang mengalirkan air ke Banjir Kanal Barat. Sungai ini adalah satu dari dua saluran yang digali dari hulu sungai Ciliwung di Katulampa dan Kali Cisadane, pada abad ke-18, atas perintah Gubernur Jenderal VOC Gustaaf Willem van Imhoffyang merancang kanal itu sebagai jalur pengangkutan hasil panen dari pedalaman Bogor menuju Batavia, di mana jejak proyek transportasi air itu masih tersisa, yakni Kali Baru Barat dan Kali Baru Timur.

Meskipun Kali Baru Barat dan Kali Baru Timur adalah sungai buatan atau tidak alami, kedua saluran ini menjadi bagian dari 13 sungai yang mengalir melintasi Ibu Kota.

3. Kali Baru Timur

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved