5 Nama Sungai di Kalimantan Selatan

Berikut Nama-nama sungai yang ada di Kalimantan Selatan, sebagaimana dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
zoom-inlihat foto 5 Nama Sungai di Kalimantan Selatan
banjarmasin pos
Sungai Barito di Kalimantan

POSKUPANGWIKI.COM - Daftar 5 Nama Sungai di Kalimantan Selatan, Indonesia.

Berikut Nama-nama sungai yang ada di Kalimantan Selatan, sebagaimana dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia

1. Sungai Barito

Sungai Barito atau Sungai Dusun adalah nama sungai yang berhulu di,pegunungan Schwaner di provinsi Kalimantan Tengah, memasuki kota Marabahan, sungai ini bertemu dengan muara sungai Negara di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, sekitar 900 km di timur laut ibu kota Jakarta.

Alirannya yang menuju ke hilir sungai disebut Sungai Banjar atau Sungai Banjarmasin atau sungai Banjar Besar , walaupun nama ini sudah jarang digunakan.

2. Sungai Kuin

Sungai Kuin atau Antasan Kuin adalah sungai kecil yang terdapat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sungai Kuin merupakan sungai permanen yaitu sungai yang jumlah airnya relatif tetap sepanjang tahun.

Sebagai prasarana transportasi, sungai dibedakan menjadi jalur sungai kecil dan jalur sungai besar. Sungai Kuin merupakan jalur sungai kecil yang menghubungkan sungai Barito dengan sungai Martapura yang membelah kota Banjarmasin.

Sungai Kuin dilewati oleh angkutan sungai yang berangkat dari Banjarmasin menuju kota-kota pedalaman di Kalteng maupun Kalsel. Sungai Kuin, anak sungai Barito dahulu merupakan jalur pengangkutan getah karet. Jika sungai Barito berfungsi sebagai jaringan utama pembuangan air kotor, anak-anak sungainya sebagai jaringan sekunder dan tertier, misalnya sungai Kuin.

Anak sungai Kuin diantaranya sungai Jagabaya dan sungai Pangeran yang hanya dapat dilewati perahu-perahu kecil. Aktivitas masyarakat sekitar berhubungan dengan perairan dan kehidupan sungai sehingga banyak rumah dibangun di sepanjang sungai Kuin. Masjid Sultan Suriansyah maupun Komplek Makam Sultan Suriansyah terletak di tepi sungai Kuin, masing-masing dilengkapi dengan dermaga kecil tempat menambatkan perahu (kelotok).

Halaman selanjutnya

3. Sungai Martapura

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved