Kabupaten Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibu kotanya berada di kecamatan Bantul.

Editor: Novemyleo
tribun
Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta 

POSKUPANGWIKI.COM - Kabupaten Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 

Bantul merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Ibu kotanya berada di kecamatan Bantul. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2020, jumlah penduduk kabupaten Bantul sebanyak 954.706 jiwa.

Penduduk tersebut dengan wilayah terbanyak ada di Kapanewon Banguntapan berjumlah 113.298 jiwa, dan paling sedikit berada di Kapanewon Srandakan berjumlah 31.082 jiwa.

kabupaten Bantul dijuluki Kota Geplak, Kota Gerabah, Bumi Projotamansari, Sahara van Java. Motto Kabupaten Bantul :  Bantul Projotamansari atau bahasa Jawa: ꦥꦿꦺꦴꦗꦺꦴꦠꦩꦤ꧀ꦱꦫꦶ artinya Produktif-Professional, Ijo Royo-royo, Tertib, Aman, Sehat, Asri.

Slogan Pariwisata dari Kota Bantul yakni  The Harmony of Nature and Culture

Julukan Kabupaten Bantul

Kota Geplak :

Kabupaten Bantul memiliki kuliner khas dan legendaris yaitu Geplak. Geplak terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa, rasanya yang manis membuat masyarakat dan wisatawan yang berkunjung suka akan makanan ini.

Industri Geplak umumnya dapat ditemui di seluruh penjuru Kabupaten Bantul. Geplak juga dapat ditemui di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Bantul dan sering juga dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Kabupaten Bantul.

Kota Gerabah :

Kabupaten Bantul memiliki daerah tujuan wisata yaitu Kasongan. Kasongan merupakan daerah industri gerabah terbesar di Kabupaten Bantul. Hasil kerajinan dari gerabah yang diproduksi oleh Kasongan pada umumnya berupa guci, pot, hiasan dinding, meja, kursi dan lain-lain. Hasil kerajinan tersebut telah diekspor ke mancanegara seperti Eropa dan Amerika. Biasanya desa ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Sahara van Java :

Kabupaten Bantul memang layak dijuluki sebagai Sahara van Java, karena di Bantul terdapat objek wisata yang cukup terkenal yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Tak jauh dari Gumuk Pasir Parangkusumo terdapat Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo, kedua pantai ini memiliki pasir berwarna hitam yang mirip seperti gurun pasir, hal ini yang menambah kesan Bantul memang layak dijuluki Sahara van Java.

Gumuk Pasir ini sangat istimewa dan langka, karena hanya ada sedikit di dunia. Karena tempatnyanya yang mirip Gurun Sahara di Afrika maka Kabupaten Bantul dijuluki Sahara van Java atau Saharanya Pulau Jawa.

Bantul (bahasa Jawa: ꦧꦤ꧀ꦠꦸꦭ꧀, Pegon: بانتول, translit. Bantul, pengucapan bahasa Indonesia: ˈbantʊl merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Ibu kotanya berada di kecamatan Bantul. Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2020, jumlah penduduk kabupaten Bantul sebanyak 954.706 jiwa.

Penduduk tersebut dengan wilayah terbanyak ada di Kapanewon Banguntapan berjumlah 113.298 jiwa, dan paling sedikit berada di Kapanewon Srandakan berjumlah 31.082 jiwa.

Moto kabupaten ini adalah Projotamansari, yang merupakan singkatan dari Produktif-Profesional, Ijo royo royo, Tertib, Aman, Sehat, dan Asri.

Kabupaten Bantul berbatasan dengan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman di sebelah utara, Kabupaten Gunung Kidul di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah Selatan, serta Kabupaten Kulon Progo di sebelah Barat.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1532 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved