Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Memiliki Semboyan Gunungkidul HANDAYANI atau Hijau, Aman, Normatif, Dinamis, Amal, Yakin, Asah Asih Asuh, Nilai Tambah, Indah

Editor: Novemyleo
tribun
Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta 

POSKUPANGWIKI.COM - Kabupaten Gunungkidul Provinsi Yogyakarta, Indonesia

Gunungkidul (bahasa Jawa: ꦒꦸꦤꦸꦁꦏꦶꦢꦸꦭ꧀) adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Pusat pemerintahan berada di Kapanewon Wonosari.

Motto Kabupaten Gunungkidul adalah Dhaksinarga Bhumikarta

Memiliki Semboyan Gunungkidul HANDAYANI atau Hijau, Aman, Normatif, Dinamis, Amal, Yakin, Asah Asih Asuh, Nilai Tambah, Indah

Dengan luas sekitar satu per tiga dari luas daerah induknya, kabupaten ini relatif rendah kepadatan penduduknya daripada kabupaten-kabupaten lain.

Populasi Gunungkidul pada tahun 2018 berjumlah 736.210 jiwa, laki-laki 355.282 jiwa dan perempuan 380.928 jiwa.

Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta
Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (tribun)

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Kabupaten Sukoharjo di utara, Kabupaten Wonogiri di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman di barat.

Kabupaten Gunungkidul memiliki 18 kapanewon. Sebagian besar wilayah kabupaten ini berupa perbukitan dan pegunungan kapur, yakni bagian dari Pegunungan Sewu.

Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, tetapi menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner.

Batas wilayah Kabupaten GunungKidul

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved