Daftar Kelurahan di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Daftar Kelurahan di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Editor: Novemyleo
tribun
Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta 

POSKUPANGWIKI.COM - Daftar Kelurahan di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Berikut Daftar 5 Kelurahan di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia yang dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia indonesia :

1. Kelurahan Hargomulyo 

2. Kelurahan Hargorejo 

3. Kelurahan Hargotirto

4. Kelurahan Hargowilis 

5. Kelurahan Kalirejo 

Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta
Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (tribun)

PROFIL KABUPATEN KULON PROGO

Kabupaten Kulon Progo atau Kulonprogo (bahasa Jawa: ꦏꦸꦭꦺꦴꦤ꧀ꦥꦿꦒ, translit. Kulonpraga) adalah sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibu kotanya adalah Wates.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara.

Nama Kulon Progo berarti sebelah barat Sungai Progo (kata kulon dalam Bahasa Jawa artinya barat). Kali Progo membatasi kabupaten ini di sebelah Timur.

Julukan Kulon Progo yakni Kota West Prog dan Motto: Kulon Progo BINANGUN atau Beriman, Indah, Nuhoni, Aman, Nalar, Guyub, Ulet, dan Nyaman.

Semboyan Kulon Progo yakni Kota Menoreh. Slogan Pariwisata: The Jewel of Java

Tanggal peresmian 15 Oktober 1951 dengan dasar hukum UU No. 18 tahun 1951 dan Ibu kota Kulon Progo berada di Wates

Kabupaten Kulon Progo terdiri atas 12 kapanewon, yang dibagi lagi atas 88 kalurahan dan kelurahan, serta 930 Pedukuhan (sebelum otonomi daerah dinamakan Dusun).

Pusat pemerintahan di Kecamatan Wates, yang berada sekitar 25 km sebelah barat daya dari pusat ibukota Provinsi DI Yogyakarta, di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya - Yogyakarta - Bandung. Wates juga dilintasi jalur kereta api lintas selatan Jawa. Kulon Progo menggunakan kodepos 55611 (lama) dan 55600/55651 (baru).

Bagian barat laut wilayah kabupaten ini berupa pegunungan (Bukit Menoreh), dengan puncaknya puncak Suroloyo (1019 m), di perbatasan dengan Kabupaten Magelang.

Sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah yang landai hingga ke pantai.

Pantai yang ada di Kabupaten Kulon Progo adalah Pantai Congot, Pantai Glagah Indah (10 km arah barat daya kota Wates atau 35 km dari pusat Kota Yogyakarta) dan Pantai Trisik.

Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta
Tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (tribun)

SEJARAH KABUPATEN KULON PROGO

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved