Tips Menurunkan berat Badan Dalam Waktu Satu Minggu

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, secara teknis, kita bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam jangka waktu satu minggu.

Editor: Novemyleo
tribun
ilustrasi menurunkan berat badan 

POSKUPANGWIKI.COM - Banyak orang yang menginginkan berat badannya turun. Namun seringkali melakukan diet yang keliru.

Akibatnya merugikan diri sendiri. Bagaimana cara menurunkan berat badan yang benar sehingga tidak berdampak negatif?

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, secara teknis, kita bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam jangka waktu satu minggu. Namun, hal ini sangat berisiko apabila tidak diawasi oleh tenaga kesehatan.

Beberapa risiko yang mungkin dihadapi karena penurunan berat badan secara drastis meliputi peningkatan batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, lelah, dan terganggunya siklus haid.

Lalu, berapa penurunan berat badan yang disarankan? Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jumlah penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 1 hingga 2 pon atau setara dengan 0,5 kg hingga 1 kg per minggu.

Baca juga: Tips Menambah Berat Badan Perhatikan Kalori dan Protein

Namun, hasilnya akan berbeda pada tiap individu tergantung pola dan kondisi tubuh masing-masing.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu secara aman.

1. Kurangi konsumsi karbohidrat Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat.

Cara ini bisa dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat dan menggantinya dengan biji-bijian.

Menurut sebuah studi berjudul “The Effects of a Low-Carbohydrate Ketogenic Diet and a Low-Fat Diet on Mood, Hunger, and Other Self-Reported Symptoms”, diet rendah karbohidrat akan menurunkan rasa lapar sehingga konsumsi kalori pun menjadi rendah.

Di samping itu, konsumsi makanan karbohidrat kompleks dan rendah kalori, seperti biji-bijian, akan mendapat membuat kenyang lebih lama.

Hal ini disebabkan, kandungan serat yang tinggi pada biji-bijian dan waktu mencerna yang lama. Cara ini pun terbukti dapat menurunkan berat badan.

Sebuah publikasi berjudul “Effects of weight loss during a very low carbohydrate diet on specific adipose tissue depots and insulin sensitivity in older adults with obesity: a randomized clinical trial” menunjukkan bahwa diet karbohidrat memang terbukti dapat menurunkan berat badan pada orang lansia.

Namun, sampai saat ini belum ada penelitian komprehensif mengenai dampak jangka panjang dari diet ini.

Baca juga: Bosan Dalam Hubungan Percintaan Jangan Berpisah Tapi Lakukan Tips Ini

2. Konsumsi protein dalam jumlah cukup

Setiap makanan yang dikonsumsi harus mengandung gizi seimbang, yang mencakup protein, lemak, karbohidrat kompleks, dan sayuran.

Merangkum sebuah studi berjudul “Preserving Healthy Muscle during Weight Loss”, protein dalam jumlah yang disarankan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot.

Untuk pria, konsumsi protein yang disarankan sebanyak 56 - 91 gram per hari, sedangkan wanita sebesar 46 - 75 gram per hari.

Beberapa makanan yang menjadi sumber protein antara lain daging, ikan, telur, dan biji-bijian.

3. Konsumsi sayuran

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved