Cara Atasi Mata Lelah Saat WFH

Mata Lelah Saat Bekerja di Rumah, Begini Cara Mengatasinya. Sejak pandemi corona, mata kita terpapar gawai lebih lama dari biasanya.

Editor: Novemyleo
tribun
ilustrasi mata lelah 

POSKUPANGWIKI.COM - Mata Lelah Saat Bekerja di Rumah, Begini Cara Mengatasinya. 

Sejak pandemi corona, mata kita terpapar gawai lebih lama dari biasanya.

Berada seharian di depan layar monitor komputer dan juga layar gawai selalu menghiasi setiap bagian dari aktivitas kita sehari-hari kita.

Apalagi sekarang kita dianjurkan untuk di rumah aja dan harus work from home karena pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Ya, kita sendiri masih dianjurkan untuk melakukan 3M dan #ingatpesanibu untuk memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Nah, bicara soal penggunaan gawai atau perangkat digital lainnya, memang sih penting demi menunjang kegiatan kita selama work from home.

Tapi, tahukah Sahabat NOVA jika terlalu lama menatap layar komputer atau gawai bisa membuat mata cepat lelah?

Dan parahnya, kita sering tidak sadar, padahal bahayanya bisa jadi mencetuskan penyakit berbahaya.

Ketika mata kita lelah, kita akan merasa mata kita perih, kering atau berair, terasa terbakar atau panas, mengalami iritasi, dan bahkan bisa sampai mengalami nyeri kepala.

Seperti yang kita tahu, perangkat digital seperti komputer dan gawai memiliki pancaran sinar yang langsung menuju mata.

Nah, paparan sinar pada layar inilah yang membuat otot mata bekerja lebih ekstra dan membuat mata menjadi kering dan lelah.

“Kalau kita liat screen baik HP, komputer, atau komputer tablet, kedipan mata jadi berkurang, ya.

Sedangkan air mata itu kan diproduksi kalau kita kedip. Jadi, sudah pasti matanya kering.

Nah, ketika mata kering pastinya mata bisa gampang radang dan lelah.

Ada namanya computer vision syndrome, menatap layar terlalu lama itu juga membuat otot mata terlalu berkontraksi,” ujar dr. Damara Andalia, Sp.M., dokter spesialis mata dari Jakarta Eye Center.

Terlihat sepele memang, tapi jika tak kita sadari maka bukan tidak mungkin akan terjadi gangguan yang mungkin lebih membahayakan dan berisiko bagi kondisi kesehatan mata kita.

“Kalau dari mata lelah yang umumnya disebabkan karena mata kering, dapat terjadi peradangan. Karena ototnya terlalu banyak kontraksi, ya bisa jadi ukuran minusnya bertambah,” lanjutnya.

Kalau sudah tahu bahayanya, maka dari sekarang kita wajib melindungi mata dari bahaya gangguan mata lelah, tapi bukan berarti kita tak boleh menggunakan perangkat digital, ya. 

Tapi, mulai dari hal- hal yang sederhana,  misalnya mulai menyiasati waktu menatap komputer dan gawai, dalam hal ini dikenal metode 20 20, atau dibaca twenty twenty.

Apa itu?

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved