VIDEO: Pakaian Adat Asal Kabupaten TTS Nusa Tenggara Timur

Masih ingat pakaian adat asal Kabupaten TTS yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo saat menjadi Inspektur Upacara HUT RI Tahun 2020?

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
antara
Makna Motif Tenun TTS Yang Dikenakan Presiden Jokowi di HUT ke 75 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020 

POSKUPANGWIKI.COM - Masih ingat pakaian adat asal Kabupaten TTS yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo  saat menjadi Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 17 Agustus 2020?

 Dalam baju adat itu, Jokowi mengenakan kain motif Kaif berantai nunkòlo.

Motif tersebut sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batañg tengah yang berartì sumber air, dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yang berbukit dan berkelok-kelok.

Sedangkan warna merah melambangkan keberanian laki-laki nunkolo.

Sejumlah aksesoris yang disematkan di pakaian adat itu untuk menambah indah kain tenun, dan tentunya memiliki makna kegunaan praktis.

Aksesoris dester yakni ikat kepala atau Pilu. Ada tiga jenis Yi U Raja dengan bentuk dua tanduk kecil yang artinya fungsi Raja yang melindungi.

Kemudian, ikat di kepala sebagai penutup kepala untuk pelindung yang menjadi tanda kebesaran Raja sebagai Mahkota.

Selanjutnya Tas sirih pinang dan kapur. Aksesoris itu untuk menunjukkan budaya makan sirih pinang sebagai budaya pemersatu atau persatuan dan juga melambangkan tanda kasih dan hormat. Maka tas sirih pinang selalu dikenakan.

Dalam upacara kemerdekaan kali ini, Presiden memasuki lapangan upacara dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker berwarna putih yang sepadan dengan warna pakaian adat dari Timor Tengah Selatan itu.

Upacara HUT RI di Istana Merdeka pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Jumlah peserta yang hadir HUT RI ke-75 di Istana Merdeka dibatasi. Masyarakat dan sebagian besar pejabat negara dan pejabat daerah mengikuti upacara kemerdekaan secara virtual.

Terkait makna Motif Tenun TTS Yang Dikenakan Presiden Jokowi di HUT Kemerdekaan RI disampaikan Usif (Raja) Amanatun, yang juga mantan Bupati TTS, Daniel Banunaek kepada pos-kupang.com. 

Motif dalam balutan tenun yang digunakan Jokowi melambangkan dua hal.

Pertama melambangkan penyelamatan dan kedua melambangkan hubungan kerjasama antara kerajaan di Timor dan kerajaan di Sunda kala itu.

"Motif tenun yang digunakan Pak Presiden memiliki makna penyelematan dan kerja sama antara kerajaan-kerajaan di Timor dan Sunda. Pasalnya, pada sekitar tahun 1.300-an, kerajaan di Timor, khususnya kerajaan Amanatun menjalin kerja sama dengan Raja Mangkubumi terkait jual beli hasil bumi, seperti rempah-rempah, lilin, Cendana dan gaharu," urainya.

Sementara warna merah dan putih dalam tenun tersebut melambangkan Bendera merah putih. Warna merah dan putih disebut sebagai warna pemersatu kerajaan di Nusantara.

Makna Motif Tenun TTS Yang Dikenakan Presiden Jokowi di HUT ke 75 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020
Makna Motif Tenun TTS Yang Dikenakan Presiden Jokowi di HUT ke 75 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020 (antara)

"Jauh sebelum Indonesia merdeka, pemikiran untuk mempersatukan kerjaan di Nusantara sudah ada. Dan salah satu simbol yang dipilih untuk mempersatukan kerajaan di Nusantara adalah warna merah dan putih. Kerajaan di Timor turut memiliki andil dalam mempersatukan kerajaan-kerajaan di Nusantara," sebutnya.

Mantan Bupati TTS yang merupakan tokoh Amanutun, Daniel Banunaek mengaku, bangga Presiden RI, Joko Widodo menggunakan pakaian adat Amanatun, Kabupaten TTS dalam upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75, Senin (17/8/2020) yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Apa yang dilakukan Presiden Jokowi merupakan wujud nyata kepeduliannya kepada masyarakat Kabupaten TTS.

"Saya kaget bercampur bangga saat melihat Pak Presiden menggunakan pakaian adat Amanatun dalam upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI di televisi hari ini," ungkap Daniel saat dihubungi POS-KUPANG. COM melalui sambungan telepon seluler.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved