Pantai Batu Kepala dan Sarapan Pagi Saat Sunset

Wisata Pantai Batu Kepala Berada di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Penulis: Novemyleo
Editor: Novemyleo
POSKUPANGWIKI.COM/ NOVEMY LEO
Wisatawan di Pantai Batu Kepala, objek wisata yang ada di Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

POSKUPANGWIKI.COM - Wisata Pantai Batu Kepala Berada di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lokasi Pantai Batu Kepala tak jauh dari pusat Kota Kupang, sekitar 15 menit perjalanan.

Tepatnya, Pantai Batu Kepala berada di Kecamatan Alak, Kota Kupang.  Wisatawan bisa menempuh perjalanan menuju ke Benteng Konordia Kupang, lalu terus naik keatas.

Tak jauh dari Benteng Konkordia, di sebalah kanan terdapat perkuburan Belanda, dan di unjung perkuburan itu ada sebuah lorong masuk.

Nah, wisatawan bisa berbelok ke lorong itu dan terus mengikuti jalan setapak yang sudah diaspal, hingga akhirnya menemukan lokasi Pantai Batu Kepala

Di sekitar lokasi Pantai Batu Kepala terdaat rumah-rumah penduduk yang cukup padat.

Tapi jangan salah, meskipun di lokasi Pantai Batu Kepala itu banyak terdapat rumah warga, namun suasana pantainya selalu  tenang dan damai.

Wisatawan di Pantai Batu Kepala, objek wisata yang ada di Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Wisatawan di Pantai Batu Kepala, objek wisata yang ada di Kecamatan Alak, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (POSKUPANGWIKI.COM/ NOVEMY LEO)

Karenanya Pantai Batu kepala ini cocok buat tempat merenung bagi yang jomblo atau juga cocok untuk tempat memadu kasih untuk yang sudah berpasangan.

Dipantai ini terdapat tebing karang, dengan tumpukan batu karang dengan ukuran yang besar. Batu karang berukuran besar inilah yang dinamakan 'batu kepala'. Dan diatas batu karang ini dibangun sejumlah lopo atau gazebo yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

3 Pintu

Untuk bisa menikmati batu kepala ini, tersedia 3 pintu yang bisa dipilih oleh wisatawan. 

Pintu pertama berada di sebelah kanan tepatnya diujung lapangan futsal. Di lokasi ini setidaknya ada 3 lopo (gazebo) yang bisa dijadikan tempat berteduh wisatawan.

Setiap lopo memiliki sekitar 4 bangku yang terbuat dari semen. Dua buah lopo berada diatas dan sebuah lopo berada sedikit di bawah sehingga wisatawan mesti menuruni sejumlah anak tangga.

Dari sini, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari atas ketingian.

Sementara itu pintu pertama dan pintu kedua yang berada di bagian kiri lapangan futsal itu, muaranya saling terhubung.

Di area ini terdapat sekitar 5 lopo yang jarak satu sama lainnya sekitar 5-10 meter.

Lopo-lopo itu dibangun diatas batu karang dengan ketinggian bervariasi. Tapi wisatawan tak perlu kuatir karena di setiap tebing sudah dipasang pagar kayu untuk pengaman.

Di tebing karang ini juga terdapat sejumlah pohon yang membuat teduh suasana disana. 

Air laut dipantai itu sangat tenang, berwarna biru, hijau. Bagi yang suka berenang, bisa memanfaatkan ketenangan pantai disini.

Pantai batu kepala juga merupakan pelabuhan bagi nelayan-nelayan kecil yang biasanya menggunakan sampan (perahu dayung). Karenanya tak heran jika di pinggir pantai Batu Kepala ini banyak 'diparkir' perahu nelayan.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved