Daftar Kelurahan di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat

Daftar Kelurahan di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Editor: Novemyleo
tribun
Wisata di Provinsi Kalimantan Barat 

POSKUPANGWIKI.COM - Daftar Kelurahan di Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Singkawang Selatan adalah nama kecamatan yang berada di kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Pada tahun 2020, kecamatan ini terdiri dari 25 Rukun Warga (RW) yang mempunyai penduduk sebanyak 49.633 jiwa, dengan luas wilayah 224,48 km⊃2; dan kepadatan penduduknya adalah 221 jiwa/km⊃2;.

Berikut Daftar 4 kelurahan di Kecamatan SIngkawang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia yang dilansir poskupangwiki.com dari laman wikipedia Indonesia :

1. Kelurahan Pangmilang

2. Kelurahan  Sagatani

3. Kelurahan  Sedau

4. Kelurahan  Sijangkung

PROFIL KOTA SINGKAWANG

Kota Singkawang atau San Khew Jong adalah sebuah kota atau kotamadya yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.

Kota ini terletak sekitar 145 km sebelah Utara dari Kota Pontianak, ibu kota provinsi Kalimantan Barat, dan dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok.

Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka, San khew jong yang mengacu pada sebuah kota di bukit dekat laut dan estuari.

Pada tahun 2021, jumlah penduduk Kota Singkawang sebanyak 239.260 jiwa, dan salah satu kota paling banyak orang chinanya, multietnis dan agama di Indonesia.

Tahun 2020, Singkawang menempati urutan ke-2 sebagai Kota Toleransi di Indonesia setelah Kota Salatiga di provinsi Jawa Tengah.

SEJARAH KOTA SINGKAWANG

Asal Usul Singkawang

Awalnya Singkawang merupakan sebuah desa bagian dari wilayah kesultanan Sambas, Desa Singkawang sebagai tempat singgah para pedagang dan penambang emas dari Monterado.

Para penambang dan pedagang yang kebanyakan berasal dari negeri China, sebelum mereka menuju Monterado terlebih dahulu beristirahat di Singkawang, sedangkan para penambang emas di Monterado yang sudah lama sering beristirahat di Singkawang untuk melepas kepenatannya dan Singkawang juga sebagai tempat transit pengangkutan hasil tambang emas (serbuk emas).

Pada masa itu, mereka (orang Tionghoa) menyebut Singkawang dengan kata San Keuw Jong (Bahasa Hakka), mereka berasumsi dari sisi geografis bahwa Singkawang yang berbatasan langsung dengan laut Natuna serta terdapat pengunungan dan sungai, dimana airnya mengalir dari pegunungan melalui sungai sampai ke muara laut.

Melihat perkembangan Singkawang yang dinilai oleh mereka yang cukup menjanjikan, sehingga antara penambang tersebut beralih profesi ada yang menjadi petani dan pedagang di Singkawang yang pada akhirnya para penambang tersebut tinggal dan menetap di Singkawang.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved