Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Kutai Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Editor: Novemyleo
net
Tempat wisata di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia 

POSKUPANGWIKI.COM  - Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Kutai Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Kutai Barat disebut Kota Beradat, semboyannya Tanaa Purai Ngeriman yang artinya Tanah Subur Makmur Melimpah Ruah.

Kutai Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Sendawar.

Kabupaten Kutai Barat merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Kutai yang telah ditetapkan berdasarkan UU. Nomor 47 Tahun 1999.

Secara Geografis Kabupaten Kutai Barat terletak antara 113'048'49" sampai dengan 116'032'43" BT serta di antara 103'1'05" LU dan 100'9'33" LS.

Kutai Barat memiliki luas sekitar 20.384,60 km2 dan jumlah penduduk penduduk sebanyak 165.938 jiwa tahun 2020 dengan pertumbuhan sebanyak 1,13 persen.

Kabupaten Kutai Barat berbatasan dengan Kabupaten Mahakam Ulu di sebelah utara, Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah timur, Kabupaten Penajam Paser Utara di sebelah selatan dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Kabupaten Kutai Barat terbagi menjadi 16 kecamatan dan 190 kampung.

Berdasarkan UU Nomor 2 Tahun 2013, Kabupaten Kutai Barat dimekarkan lagi melahirkan kabupaten baru yaitu Kabupaten Mahakam Ulu.

Setelah pemekaran tinggal 15 kecamatan yang bertahan bergabung dalam Kabupaten Kutai Barat, terkecuali Kecamatan Long Apari, Long Pahangai, Long Bagun, Long Hubung dan Laham menjadi bagian Kabupaten Mahakam Ulu.

Geografi

Kabupaten Kutai Barat merupakan kabupaten baru hasil pemekaran Kabupaten Kutai yang dibentuk berdasarkan UU No. 47 Tahun 1999.

Secara geografis Kutai Barat terletak di antara 113045’05”-116031’19” BT dan 1031’35”-1010’16” LS.

Batas Wilayah

Batas-batasnya adalah sebagai berikut:

Utara : Kabupaten Mahakam Ulu
Timur : Kabupaten Kutai Kartanegara
Selatan : Kabupaten Paser
Barat :

Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah

Letak Desa-desa pada umumnya berada di Daerah tepian sungai (119 desa), di daerah dataran (86 desa) dan di lereng/punggung bukit (18 desa). Mayoritas Penduduk Kabupaten Kutai Barat adalah Masyarakat Adat yang terdiri dari bermacam suku Dayak, bahasa, adat-istiadat serta kultur dan budayanya.

Konsepsi kepemilikan wilayah-wilayah Adat (kawasan kelola) dipahami mereka secara utuh dalam satu kesatuan berdasarkan faktor genealogis dan teritorial yang ada, berdasarkan asal usul (sejarah) yang sudah ada secara turun-temurun jauh sebelum Republik Indonesia ada.

Halaman selanjutnya

Iklim

...

Ikuti kami di
KOMENTAR
2041 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved