Kabupaten Kutai Timur di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Editor: Novemyleo
net
Tempat wisata di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia 

POSKUPANGWIKI.COM - Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Ibu kota kabupaten ini terletak di Sangatta. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 35.747,50 km2; atau 17 persen dari luas Provinsi Kalimantan Timur dan berpenduduk sebanyak 253.847 jiwa dengan kepadatan 4,74 jiwa/km2; dan pertumbuhan penduduk selama 4 tahun terakhir rata-rata 4,08 persen setiap tahunnya.

Sementara pada tahun 2020, penduduk kabupaten ini berjumlah 424.334 jiwa dengan kepadatan 12 jiwa/km2;.

Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai yang dibentuk berdasarkan UU No. 47 Tahun 1999, tentang Pemekaran wilayah Provinsi dan Kabupaten.

Diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 28 Oktober 1999. 

BATAS WILAYAH KABUPATEN KUTAI TIMUR

Utara : Kabupaten Berau
Timur : Selat Makassar
Selatan : Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Bontang
Barat : Kabupaten Kutai Kartanegara

PARIWISATA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Secara umum tempat wisata untuk dikunjungi di Kutim terbagi dalam 3 wilayah, yaitu Zona Sangatta, Zona Sangkulirang dan Zona Muara Wahau, hal ini lebih dikarenakan kedekatan lokasinya daripada batas administratif.

Daftar lokasi tersebut di antaranya adalah:

1. Zona Sangatta

Wilayah ini seolah menjadi gerbang bagi pengunjung yang akan masuk ke Sangatta melalui jalur darat.

Dicirikan oleh dominasi objek wisata alam, dengan Taman Nasional Kutai-nya yang sudah terkenal, wilayah ini juga “diuntungkan” dengan keberadaan kota Sangatta sebagai ibu kota kabupaten yang memiliki fasilitas penunjang yang jauh lebih baik dibandingkan wilayah-wilayah lainnya di Kutai Timur.

Namun sangat disayangkan bahwa hutan lebat yang menyejukkan perjalanan menuju kota Sangatta sekarang harus merana karena habis ditebangi oleh penduduk pendatang yang kemudian mendirikan pemukiman disepanjang jalan Bontang - Sangatta yang seharusnya ikut membantu melestarikan keindahan hutan Taman Nasional Kutai Timur, tetapi sekarang justru menghancurkannya. Secara umum terdapat:

Taman Nasional Kutai

di dalamnya terdapat pula:Sangkimah, di mana terdapat jembatan (disebut Jembatan Sangkimah) sepanjang lebih kurang 1 km menjorok masuk ke tengah hutan hujan tropis dan bermuara pada suatu fosil hidup, yaitu pohon ulin besar yang diperkirakan berumur sekitar 1000 tahun.

Mentoko, di kawasan ini terdapat sebuah pondok penelitian, disebut Pondok Penelitian Mentoko yang didirikan oleh Akira Suzuki, seorang ahli biologi dari Jepang yang mempelajari kehidupan Orang Utan di daerah ini.

Pantai Teluk Kaba

Pantai ini berada di dalam wilayah Sangatta Selatan.

Pantai Teluk Lombok
Pantai ini berada di dalam wilayah Sangatta Selatan Desa Sangkimah. Pantai ini selalu dipadati Masyarakat Sangatta jika liburan Sekolah dan Tanggal Merah (Hari Raya Besar Keagamaan).

Ikuti kami di
KOMENTAR
2094 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved