Kota Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Sebagai pusat bisnis dan industri, kota ini memiliki perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp 79,65 triliun

Editor: Novemyleo
net
Pariwisata di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur 

POSKUPANGWIKI.COM -  Kota Balikpapan di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia

Kota Balikpapan dijuluki Kota Minyak dengan Mottonya Gawi Manuntung Waja Sampai Kaputing.

Balikpapan adalah sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Sebagai pusat bisnis dan industri, kota ini memiliki perekonomian terbesar di seluruh Kalimantan, dengan total PDRB mencapai Rp 79,65 triliun pada tahun 2016.

Dari sisi kependudukan, Balikpapan adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur (setelah Kota Samarinda) dengan total penduduk sebanyak 645.727 pada tahun 2018 dan pada tahun 2019 berjumlah 655.178 jiwa.

Balikpapan merupakan gerbang utama menuju ibu kota Indonesia yang baru, dengan keberadaan Pelabuhan Semayang dan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman; keduanya merupakan yang tersibuk di Kalimatan.

Balikpapan berawal dari sebuah perkampungan nelayan di tepi Selat Makassar pada abad ke-19.

Pengeboran pertama sumur minyak di kota ini dimulai pada 10 Februari 1897, yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kota Balikpapan.

Pada tahun 1907, Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) mendirikan kantor di kota ini, yang kemudian diikuti oleh masuknya investasi dari berbagai perusahaan multinasional.

Perekonomian kota yang tumbuh sangat pesat memancing banyak pendatang dan ekspatriat ke Balikpapan.

Saat ini, Balikpapan telah menjadi kota besar yang multi-etnis dan sering dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni di Indonesia.

GEOGRAFI KOTA BALIKPAPAN

Kota Balikpapan memiliki wilayah 85 persen berbukit-bukit serta 12 persen berupa daerah datar yang sempit terutama berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sungai kecil serta pesisir pantai.

Dengan kondisi tanah yang bersifat asam (gambut) serta dominan tanah merah yang kurang subur. Sebagaimana layaknya wilayah lain di Indonesia, kota ini juga beriklim tropis.

Kota ini berada di pesisir timur Kalimantan yang langsung berbatasan dengan Selat Makassar, memiliki teluk yang dapat dimanfaatkan sebagai pelabuhan laut komersial dan pelabuhan minyak.

BATAS WILAYAH KOTA BALIKPAPAN

Letak astronomis Balikpapan berada di antara 1,0 LS - 1,5 LS dan 116,5 BT - 117,5 BT dengan luas sekitar 503,3 km;2; dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

Utara : Kabupaten Kutai Kartanegara
Timur : Selat Makassar
Selatan : Selat Makassar
Barat : Kabupaten Penajam Paser Utara

TOPOGRAFI KOTA BALIKPAPAN

Secara umum Kota Balikpapan berada pada ketinggian 0 sampai 100 meter di atas permukaan laut.

Ikuti kami di
KOMENTAR
2138 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved